Who am I ?

I am,

a great daddy for 2 and husband.

an Engineer by default, a designer by pleasure, a consultant by passion.

a dreamer, a planner, a fighter, a lover, a solver.

like do something than endless complaining.

— — — *@* — — —

Saya, dilahirkan pada tahun 1980 di kota Cirebon, tepat pada hari Natal saat itu setelah berada di kandungan hampir 11 bulan, diberi nama Suharjo Winoto Djais yang kurang lebih artinya adalah, Suharjo = baik dan sejahtera, Winoto = mampu memimpin, dan Djais adalah nama belakang Papa saya, yang kemudian saya turunkan kepada kedua putra saya saat ini.

Menjalani masa kecil di kota Tegal dengan berjuang, karena Papa saat itu belum sukses (masih berjuang). Lalu berangsur menjadi kehidupan yang mapan dan menyenangkan saat menjelang remaja karena Papa sudah mulai berkembang usaha nya saat itu. Dan kembali berjuang mati-matian saat Papa harus meninggalkan kami semua (termasuk kakak tercinta) saat umur saya akan masuk angka 20.

Tidak ingin kuliah pada awalnya, tapi akhirnya masuk juga ke Universitas Tarumanagara di jurusan Teknik Elektro di Jakarta, dimana saat itu sedang booming koneksi 1G, 2G sampai 3G di arena GSM, yang membuat saya akhirnya mengambil peminatan Telekomunikasi yang belajar nya rumus-rumus panjang dan memusingkan, komunikasi satelit, gerak elavasi dll, selain aktif dalam organisasi kemahasiswaan yang menarik dan mendidik, dan… mengenalkan saya pada istri saya yang tangguh :).

Setelah lulus, berusaha mencari kerja (setelah sebelumnya hanya part-time karena bekerja sambil kuliah) full time. Akhirnya mendapatkan kerja di dunia PABX – Voice TDM (ga nyambung). Sempat terbengong-bengong karena ilmu kuliah tidak ada yang nyangkut, alhasil semua dipelajari dari awal. 2 tahun kemudian diminta masuk ke dunia IT Networking, alhasil untuk kedua kali nya belajar lagi dari Nol, sampai akhirnya mendapatkan sertifikat tertinggi di dunia IT networking yang dikeluarkan oleh CISCO SYSTEM, yaitu CCIE. 3 tahun kemudian diminta lagi untuk masuk dunia IT Desain, Security, dan Collaboration (Sesuatu yang lebih dari sekedar IP PBX).

Masuk dunia IT artinya adalah never ending learning. Singkat cerita sekarang pekerjaan saya jadi lebih banyak ke konsep, desain, dan arsitektur baik di networking, security, maupun teknologi Voice over IP. Walaupun, masih sering disuruh analisa konfigurasi dan teknis di lapangan. Dunia yang akhir nya membuat saya bisa hidup layak dan mapan, dan membantu saya untuk menuju kehidupan yang lebih baik (hopefully).

Kawan dan handai taulan biasa memanggil saya Udjo, harjo, hanya Jo, atau bejo. Apapun itu, saya tetap akan menengok jika ditujukan kepada saya.

Saya, termasuk orang yang ingin menjauhi politik karena alasan sederhana, kotor. Punya impian sederhana juga, yaitu ingin bebas, bebas dari kejaran biaya pendidikan yang semakin mencekik, bebas dari rasa takut saat sakit tidak memiliki biaya yang cukup, dan memiliki keseimbangan antara mencari nafkah dengan memiliki waktu untuk keluarga.

Saya bukan termasuk orang yang sangat pandai, hanya rata-rata saja kemampuan kepala saya. Tapi saya memiliki semangat, semangat pantang menyerah yang terbentuk oleh keras dan kerikil kehidupan pasca meninggalnya (alm) Papa.

Memiliki istri yang tangguh dan penuh cinta, anak yang lucu dan pintar sungguh membuat saya tidak pernah lupa memanjatkan syukur kepada Nya. Mereka pula yang me-motivasi saya untuk tidak pernah menyerah dalam mencari kehidupan yang lebih baik, yang tidak hanya diukur dari materi dan harta yang kami miliki tetapi lebih kepada lingkungan yang baik, aman, dan nyaman untuk tumbuh kembang anak kami dan keluarga kami.

Yang kemudian kami mendapatkan kesempatan berjuang untuk kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak kami di Melbourne setelah kami berhasil mendapatkan PR yang kami perjuangkan bertahun-tahun lamanya.

Di bulan Desember 2015 kami memutuskan untuk pulang ke Tanah Air terlebih dahulu setelah berusaha melakukan migrasi dan mendapatkan beberapa pandangan serta pengalaman baru.

Pengalaman-pengalaman berharga yang tidak akan pernah kami lupakan, yang kemudian mendidik dan membentuk kami menjadi lebih baik (setidaknya itu yang kami rasakan) dan kembali merajut rencana baru dengan cara lain untuk mewujudkan impian kami bagi keluarga dan anak-anak kami.

Saya sempat frustasi dan depresi karena merasa gagal, akan tetapi menolak untuk menyerah dan berhenti mengejar impian saya…

Yang kemudian Tuhan menunjukan jalan bagi kami 1 tahun 1 bulan kemudian, yang membuat jalan kami meraih apa yang kami impian bisa dimulai dengan lebih baik dan tidak terduga melalui mukjizat-Nya, mengapa saya menyebutkan jika ini mukjizat karena hal ini terjadi di waktu yang saya anggap mustahil. Sehingga saya kemudian memutuskan untuk mencoba lagi, dan tentunya kali ini dengan bekal pengalaman sebelumnya saya berusaha membuat strategi yang lebih baik, semoga kali ini bisa berhasil.

Kami kembali ke Melbourne di awal tahun 2017. Tepatnya di bulan Februari, dan saat ini memutuskan untuk tinggal disini, setidaknya sampai kedua anak kami sarjana.

Semoga Tuhan menyertai setiap langkah kami…

— — — *@* — — —

I love so much this quote,

“Don’t ever let somebody tell you… You can’t do something. Not even me. — You got a dream… You gotta protect it. People can’t do something themselves, they wanna tell you you can’t do it. If you want something, go get it. Period. — The pursuit of happyness”

“The biggest adventure you can take is to live the life of your dreams – Oprah”

and,

“It’s always painful when you pursue your dream because need to leave the comfort zone. But… it’s worthy, at least you dare to try not only dream it. The highest achievement in the life is to get the happiness whatever it form. — by my own”

— — — *@* — — —

Tempat menumpahkan semua pemikiran, uneq-uneq, cerita, personal record dan lain sebagainya.

17337dd8f0e4069873ac515281ee1b0d

1 thought on “Who am I ?”

  1. like

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s