Aman?

Apa ukuran sebuah keamanan bagi kita?

Beberapa waktu lalu ada seorang kawan yang mengirimkan pesan melalui WA kepada saya. Setelah berdiskusi tentang beberapa hal dia tiba-tiba mengangkat sesuatu mengenai rasa aman.

Menurut dia, apa yang saya lakukan dan capai saat ini sudah memberikan rasa aman. Hemm… mungkin iya mungkin tidak.

Memang hidup di Negara hebat seperti Australia memberikan rasa aman untuk beberapa sudut pandang, tapi jangan salah, rasa aman disini bukan sebuah keadaan yang benar-benar aman sampai kita tidak perlu melakukan apapun.

Contohnya bantuan pemerintah berupa tunjangan bahkan saat kita sedang nganggur. Memang pemerintah membantu tapi tidak berarti kita bebas bebas saja menerimanya, setiap minggu atau 2 minggu sekali mereka akan datang dan berusaha membantu kita mendapatkan pekerjaan sesuai background kita agar kita terbebas dari tunjangan. Membantu ya bukan memberikan pekerjaan jadi jangan salah kaprah. Dan lebih jauh lagi apakah enak didatengin terus seperti itu? Kembali kepada diri masing-masing sih, tapi kalau saya pribadi lebih suka bekerja dan menghasilkan karena tunjangan yang diberikan hanya benar-benar pas banget, kasarnya kita tetap bisa hidup tapi dengan kelayakan minimum, dan balik lagi sih ukuran layak setiap manusia beda.

Kalau dari sisi kesehatan, bisa iya bisa tidak juga. Kalau kita bicara kondisi mendesak dan mengancam nyawa bisa dibilang iya kita aman karena ada medicare yang senantiasa membantu dalam keadaan apapun. Tapi jika tidak mengancam nyawa terutama masalah gigi… hahaha… selamat antri ya… dan untuk gigi hanya di cover sampai umur 16, selebihnya silahkan rogoh kocek sendiri dan tidak murah loh disini jasa dentist itu.

Kalau dari sisi lingkungan, itupun sama. Memang disini kita ga separno di Jakarta tapi tetap saja harus waspada hahaha…

Lebih jauh lagi menurut saya pribadi tidak ada yang namanya status aman ya. Kita tetap harus berusaha, bekerja mencari nafkah agar bisa berencana untuk keluarga kita. Kita tetap harus memiliki impian baru dan mengejarnya sampai tercapai dimana pun kita hidup.

Di Negara seperti Australia memang untuk beberapa hal kita mendapat bantuan pemerintah tapi jangan menjadikan hal itu sebagai alasan kita bisa bermalas-malasan karena percayalah tunjangan yang diberikan benar-benar hanya cukup buat hidup dengan kelayakan minimal ga lebih dari itu.

Hal-hal positif yang saya lihat disini justru terlepas dari rasa aman itu sendiri. Disini saya lihat skill yang saya miliki lebih dihargai, yang artinya income lebih besar kan. Dan kalau kita bisa mengatur gaya hidup kita, yang bisa kita tabung diatas yang bisa kita lakukan di Jakarta dengan taraf hidup yang meningkat jauh (sesuai pengalaman kami). Selain itu, kebersihan, ketertiban, level pendidikan, pelayanan publik dan masih banyak hal lainnya yang jauh berada diatas apa yang kami lihat dan dapatkan di Jakarta juga menjadi nilai yang menjadi andil bagi meningkatnya kualitas hidup kami.

Dan yang terpenting ada 1 lagi, disini ga ada arogansi seperti disana, dimana ada organisasi yang mengatas-namakan sesuatu lalu bisa seenak udel mereka memaksakan kehendak kepada orang lain, lagak nya udah seperti mereka manusia tanpa cela dan dosa, dan pegang kunci surga sampai berhak menentukan siapa yang masuk atau tidak. Otak mbok ya ditaro di kepala jangan di dengkul.

Hal seperti itu yang memiliki nilai bagi kami, yang membuat saya mau melepaskan semua yang saya capai di Jakarta dan migrasi ke Negara ini dengan memulai semuanya dari Nol di umur yang sudah tidak muda lagi (walaupun belum terlalu tua juga hahaha…)

1 hal yang pasti, saya pribadi tidak mencari hidup penuh kekayaan ataupun aman sentosa tanpa masalah sedikit pun, yang saya cari adalah hidup yang lebih tenang, sehat, dan anak-anak bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Yang saya cari adalah kualitas hidup yang lebih baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s