Dan degup itu…

Setelah 3 bulan tanpa kepastian, akhirnya saya usulkan untuk melakukannya dalam 1 pukul. Upss… bingung ya??

Jadi gini, dulu saat saya diterima kerja di organisasi ini, saya diberi tugas utama memindahkan sistem telepon mereka dari luar ke sistem di dalam. Dan tidak hanya itu, saya juga disuruh menggabungkan dua sistem besar terpisah menjadi 1.

Tadinya proses pemindahannya diminta per gelombang karena mereka takut akan banyak masalah. Hal ini juga lebih dikarenakan dulu saat mereka memindahkan sistem ini ke luar mereka melakukannya secara bertahap dan ternyata butuh sampai 5 bulan dan juga banyak masalah.

Beberapa bulan setelah saya gabung dan menyiapkan sistem mereka, ternyata vendor yang diluar sana sangat tidak bisa diajak bekerja sama. Diminta data apapun hasilnya adalah Nol. Diundang meeting ga pernah ada. Hadehhh… buta dah, akhirnya saya raba-raba sistem nya selama 2 bulan lalu saya usul ke leader saya 

“kenapa ga kita pindahin sekali pukul saja?”

Yang langsung direspon leader saya, “lu yakin?”

“Loh masalahnya kita mau per gelombang tapi vendor itu susah diajak komunikasi kan, trus gimana cara nya saat saya butuh establish SIP trunk ke system mereka dan butuh engineer mereka standby saat pindahin blok per blok telepon kita?”

Leader saya senyum-senyum sambil bilang “bener juga ya”

Akhirnya kami sepakat untuk mencoba 1 kali pukul. Lalu system saya siapkan semaksimalnya, koordinasi dengan salah satu telko disini yang akan menjadi provider SIP trunk outgoing kami, dsb.

“You damn crazy legend, you have done 5 month job on 90 minutes, you are crazy jojo”

Dan akhirnya kamis kemaren diputuskan menjadi tanggal hajatan kami. Pukul 6 sore waktu Melbourne, dengan sambil koordinasi bersama team dari Optus kami memindahkan system telephony ke sistem kami dalam 90 menit. 1300 line DID yang terbagi dalam 12 blok SIP trunk yang terintegrasi ke 2 kampus utama dengan sistem overloading dan redundant, 140 SIP channel dengan komposisi 70-70, hampir 800 IP Phone yang tersebar dalam 5 kampus dengan voicemail nya, dan 7 IVR Script dengan Contact Center team nya.

Pagi ini setelah semalam lembur sampai jam 8 malam, saya tetap usahakan masuk pagi untuk antisipasi masalah yang timbul yang puji Tuhan minor semua, ahh… leganya… dan beberapa kali dibilang gila sama kawan-kawan se team karena kenekatan saya. But they said it “You damn crazy legend, you have done 5 month job on 90 minutes, you are crazy jojo”

Ahh… lega sekali… tinggal maintain, improvement dan menggabungkan 2 sistem menjadi 1 saja sekarang PR nya. Menggabungkan 2 sistem juga ga gampang sebenarnya, karena ada kurang lebih hampir 400 User yang harus saya gabungkan ke sistem kami sekarang beserta SIP outgoing dan IVR nya.

Sebuah pekerjaan yang membuat saya kembali merasakan degup kencang di dada saya karena sudah lama ga melakukan migrasi sistem seperti ini dengan semua masalahnya. Degup yang kadang saya rindukan tapi juga saya benci irama nya, apalagi saat ada masalah hahaha…

Ya… apapun itu, sentuhan engineering saya ternyata masih kenyal, dan yang membuat bangga sebenarnya saya adalah Indonesia, diantara mereka-mereka yang mengklaim lebih maju setidaknya terbukti kita juga tidak kalah sama mereka kan.

Malam ini, saat saya pulang sampai rumah saya sempatkan memenuhi keinginan istri saya untuk melihat rumah yang dihias lampu natal. Bagussss… hahaha… suasana Natal disini ternyata meriah ya… damai sekali rasanya, apalagi sampai bisa natalan disini…

Setelah pulang, saya tutup minggu yang mendebarkan tapi hasilnya sangat smooth ini dengan sebotol Badhai. 

Selamat beristirahat dan menyongsong akhir pekan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.