Wong Ndeso nang Melbourne

Hari ini kami mengunjungi salah satu medical center untuk melakukan general check up, bahasa umumnya cek darah umum hahaha…

Selama berada disini saya selalu berpikir jika untuk cek rutin seperti cek darah kolestrol dll harus bayar jadi harus ada private insurance dulu baru murah. Ternyataaa… gratis boo… karena saya di cover medicare untuk 1 keluarga jadi bisa minta cek darah untuk kontrol kolestrol, asam urat, gula darah dll secara gratis. Dan tidak dibatasi hanya bisa berapa kali setahun, selama badan tidak fit dan butuh cek darah untuk melihat kondisi badan terkini ya tinggal ke GP (dokter umum) untuk dibuatkan surat pengantar ke klinik patologi.

Prosesnya pun ga ribet pakai drama, hanya perlu bikin janji, datang, kasih tau mau cek up apa, trus diperiksa sebentar, dibuatin deh surat pengantar nya dan yang terakhir dan terpenting adalah gratis! Sebetulnya ga gratis-gratis amat sih karena kita bayar lewat pajak, tapi pliss dehh… apa bisa disana kita dapat pelayanan dari pemerintah sampai seperti ini?

Dann… tidak hanya itu, cek lainnya seperti cek payudara untuk antisipasi kanker payudara, papsmear untuk antisipasi kanker rahim, rongent, dan check up lainnya juga gratis selama ada surat rujukan dari GP.

2015 lalu anak pertama kami belum bisa mengucapkan kalimat lengkap saat sudah umur 3 tahun, oleh petugas imunisasi kami dirujuk ke hearing test untuk mengetahui apakah ada masalah dengan pendengaran anak kami dan itu pun gratis.

Dari sini saya mulai menyadari jika ternyata masih banyak hal yang kami belum gali disini, dan bisa cek darah secar gratis pun kami baru tahu karena ada kawan yang memberitahu hahaha… ampun deh ya… ternyata kami ini wong ndeso nang Melbourne…

Lebih jauh dari itu, saya semakin rela karena pajak saya dipotong setiap bulan dengan nominal yang tidak kecil. Kenapa? Karena semua itu kembali ke kami lewat fasilitas-fasilitas publik yang tidak akan pernah kita temui ada disana. Dan banyak fasilitas publik yang ditujukan untuk anak-anak secara gratis, contohnya pelayanan kesehatan gratis, imunisasi gratis, pendidikan gratis, perpustakaan, taman bermain yang bersih, bahkan banyak object wisata seperti contohnya kebun binatang setiap hari libur menggratiskan anak-anak untuk masuk, keren kan… selain itu kami juga dapat centerlink semacam bantuan dari pemerintah untuk setiap keluarga yang memiliki anak, besarannya? Tergantung banyaknya anak, berapa banyak income yang didapat dan hal lainnya seperti apakah kedua orang tua bekerja atau hanya single income. Kami sendiri setiap tahun dapat bantuan nya ga sedikit loh untuk level salary yang saya terima saat ini, kalau saya total setahun bisa lebih dari AUD 7000.- belum lagi masih bisa klaim pajak balik setiap end of fiskal year, ga banyak sih tapi lumayan lah buat menyenangkan hati hahaha… dan kalau saya hitung-hitung ternyata saya hampir tidak membayar pajak loh… karena dapat ini itu balik ke saya. Kurang nyaman apa coba hidup disini hehehe…

Semakin kesini saya semakin menyadari apa yang sudah disadari oleh emak nya anak-anak dari dulu “disini quality of living kita itu even better” iya juga sih, mungkin sense nya emak-emak memang tajem yak…. terutama kalau berhubungan dengan anak-anak.

Terlepas dari semua itu, saya tetap menyimpan harapan jika suatu hari disana bisa menjadi lebih baik terutama dalam hal pelayanan bagi warga negara nya. Walaupun bagai bermimpi di siang bolong setidaknya masih ada mimpinya hahaha…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s