Sekolah di Melbourne

Entah kenapa saya tiba-tiba terbangun jam 1 pagi. Sudah coba untuk tidur lagi malah jadi tambah segar yaelah… ya sudahlah saya nulis saja.

Cari-cari ide akhirnya ketemu buat nulis tentang sekolah anak.

Mudahnya administrasi di Australia benar-benar membuat saya kagum. Sebelum kami hijrah awal tahun ini, istri saya langsung mencari sekolah untuk anak pertama kami begitu kami mengetahui lokasi rumah yang sudah disetujui yang akan kami sewa. Prosesnya sangat mudah, tidak pakai birokrasi tetek bengek ga jelas apalagi pakai drama. Kami hanya diminta passport dan visa. Bahkan sejarah sekolah anak kami di Jakarta tidak diminta dokumen nya padahal dia sempat sekolah di Jakarta sebelum kami pindah ke Melbourne. Daftarnya pun lewat email. Begitu diterima diberitahunya pun lewat email dan diminta ke council begitu sampai untuk isi 1 lembar formulir plus sejarah imunisasi (nah untuk yang satu ini jangan lupa bawa rekam imunisasi dari Indonesia untuk diterjemah GP disini, tenang semua gratis selama punya medicare). Yup… 1 lembar!

Sekolah di Australia dari year 1 sampai 12 selama masuk ke sekolah pemerintah bisa dibilang Gratiss (eh….) kecuali kinder kita harus bayar hehe… dan jika anak kita berada pada rentang umur harus sekolah, public school wajib menerima selama rumah kita berada dalam jangkauan wilayahnya. Nah…. karena anak pertama saya masuk kinder tahun ini jadi kami harus bayar hahaha… proses pembayaran nya pun sangat mudah, setiap term (per 3 bulan) istri saya akan di email invoice untuk pembayaran yang bisa dilakukan dengan beberapa cara, bisa lewat kantor pos, bisa setor ke bank langsung atau bisa lewat transfer online. Kami sudah pasti memilih yang paling mudah dan ga ribet yaitu transfer online. Setelah pembayaran kami hanya perlu mengisi 1 formulir dan memasukan nama anak dan nomor referensi transfer nya dan itu pun online! Sangat dipermudah ya…

Nah…. bentar lagi anak yang besar bakalan masuk year 1 nih, kalau di Jakarta setingkat kelas 1. Jadi anak kami harus pindah sekolah ke sekolah yang ada year 1 sampai minimal year 6 nya. Ga kebayang ribet nya disana saat pindah sekolah, bayangan formulir dan dokumen bertumpuk sudah didepan mata. Disini? Cuma ditanya sekolah sebelumnya dimana, passport dan visa, dah itu aja…

Karena sudah masuk year 1 maka anak kami wajib untuk punya VSN (Victoria Student Number). Jadi VSN ini seperti KTP, kemana pun dia pindah sekolah selama masih di Victoria akan menggunakan ID ini sebagai track record disini. Karena harus ada ID ini dan ditanya juga saat kami daftar sekolah kesekolah baru, istri saya pun tanya perlu kemana dan siapin apa untuk apply VSN yang direspon langsung oleh sekolah anak kami yang baru “tenang, itu akan kami urus buat kalian” doenkk… sangat dipermudah kan? sekolah anak kami pemerintah punya loh… alias gratis, seperti apa ya pelayanannya kalau yang bayar… ga kebayang… dan tentu saja semua proses nya lewat email, lalu di undang untuk lihat-lihat sekolah dan membawa anak kami untuk ketemu perwakilan sekolah sekalian perkenalan dalam beberapa jam. Dah itu saja dan anak kami diterima deh… tanpa tes ini itu.

Gampang kan….

Advertisements

4 Replies to “Sekolah di Melbourne”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s