Kerja di Australia, seperti apa ya??

Banyak yang bertanya kepada saya tentang bekerja di Australia (sama seperti saya dulu saat masih belum berada disini). Karena saya sudah bekerja disini kurang lebih 9 bulan jadi saya coba ceritakan seperti apa sih pengalaman saya. Tapi…. ini benar-benar subjektif ya, tidak bisa dipukul rata karena ini murni adalah pengalaman saya.

Awal saya disini saya bekerja jadi Engineer level 3 disalah satu perusahaan, walaupun title nya Engineer level 3, karena satu alasan dan lainnya kerjaan yang saya kerjakan justru banyakan helpdesk level 1 dan terakhir malah disuruh ngurusin gudang. Karena semakin kesini saya lihat kok malah jadi makin melenceng, saya putuskan untuk mengambil salah satu kesempatan yang saat itu datang dari salah satu agent yang menghubungi saya.

Kesempatan itu membawa saya ke utara bekerja di salah satu institusi besar pemerintah untuk pendidikan. Pekerjaan yang lebih searah dengan kemampuan saya dan yang lebih menariknya adalah saya malah jadi punya kesempatan belajar banyak sekali hal dan teknologi baru, sampai saat ini.

Bekerja di Australia secara umum sangat work live balance. Kita bekerja disaat waktu bekerja dan tidak akan diganggu diluar jam kerja jika tidak benar-benar urgent. Bekerja disini di beberapa perusahaan (seperti di tempat kerja pertama saya) bahkan menyediakan Bir untuk karyawannya setiap Jumat sore. Sembari menikmati bir para pekerja menikmati sore menuju weekend yang pada umumnya sudah pada santai.

Di tempat saya bekerja yang kedua tidak demikian karena institusi pendidikan. Tapi ditempat kedua ini waktu bekerja benar-benar fleksible. Kita dianggap sudah dewasa untuk menaati aturan kerja minimal 38 jam seminggu. Bekerja di tempat kedua ini kebetulan juga berada dalam 1 team yang cukup tangguh dengan ragam kemampuan yang cukup kompleks. Setiap team memiliki keahlian khusus tapi tetap low profile dan saling bantu saat ada masalah. Kebetulan saya menjadi yang dikhususkan di teknologi voice, network dan wireless, yang kemudian ditambah hal-hal lain dan tambah semangat belajar hal lainnya karena banyak guru-guru hebat yang tidak sombong.

Enaknya lagi bekerja ditempat kedua ini adalah salary yang naik hampir sekian % hahaha… #upss saya sendiri sampai kaget saat ditawarin angka itu dalam setahun. Belum lagi saya diberi sebuah handphone dengan nomor kantor yang punya paket nelpon, sms, internet unlimited selama berada di benua Australia. Cerita tentang handphone sebetulnya ada cerita yang cukup membuat saya kaget. Di awal saya bergabung di institusi ini saya mendapatkan galaxy S5 sebagai perlengkapan bekerja saya. Lalu 2 minggu lalu entah kenapa GM saya tiba-tiba menghampiri saya lalu bertanya apakah saya masih suka dengan handphone itu? Dan mau tuker ke apa? Yang dengan iseng saya jawab Galaxy Note terbaru.

GM saya cuma respon “alright” trus berlalu meninggalkan saya yang ketawa kecil karena becanda. Eh… minggu lalu tiba-tiba sebuah galaxy note 8 baru diletakan di meja kerja saya. Sambil ragu-ragu apa benar itu dikasih ke saya, saya celingak celinguk lalu tanya ke leader saya dan dijawab “bukannya lu minta itu?”. Saya bilang ke leader saya kalau saya tidak tahu ini serius, dia ketawa-ketawa sambil bilang “pakai aja, itu buat kamu”.

Ya sudah tanpa mikir panjang langsung saya bongkar hahaha…. jujur saya tidak pernah terpikir bisa pakai handphone semahal ini apalagi gratis…. alamak… mimpi disiang bolong yang ternyata terwujud.

Hal-hal seperti itu dan yang terpenting adalah waktu bersama keluarga yang begitu dihargai yang membuat bekerja disini beda dengan di Jakarta, belum lagi cara kerja yang termasuk lebih lambat dan santai tapi jelas dan serius, dan untuk orang yang memilih tetap sebagai engineer profesional tetap bisa mendapatkan income yang layak tanpa harus ubah jalan ke manajerial untuk mendapatkannya.

Trus gaji lu berapa jo? Serius mau dibuka disini?? Hahaha… janganlah… ya intinya bekerja disini sebagai Senior Engineer dan dengan gaya hidup yang seperti di Jakarta bahkan lebih (walaupun ga banyak) plus harus bayar kontrakan dan cicilan mobil, saya masih bisa menabung dan yang bisa ditabung sampai saat ini masih bisa diatas nominal yang saya tabung di Jakarta. Nah itung sendiri deh…

Terlepas dari nominal-nominal duniawi yang sering kali kita kejar dengan membabi buta, banyak hal lain yang lebih saya syukuri disini seperti udara yang lebih bersih, kota yang tertib, nyaman, lebih aman dan bersih. Juga taman-taman, tempat rekreasi yang gratis dan ramah anak serta jalanan yang tidak macet. Dan jaminan kesehatan yang jauh lebih baik dan profesional, pendidikan yang terjamin, makanan-makanan yang bergizi dan berkualitas tanpa harus menjadi orang kaya (disini tidak harus menjadi orang kaya untuk bisa mendapatkan hidup yang layak) menjadi hal-hal yang sangat saya syukuri dan tentunya tidak bisa diukur dengan uang semata.

Mungkin semua ini belum sepenuhnya memberikan gambaran seperti apa bekerja disini, tapi sedikit banyak semoga bisa memberikan sedikit gambaran.

Leave a Reply

