Mekar

Beberapa minggu (atau mungkin bulan) lalu anak saya yang besar membawa pulang 1 pot dari sekolah nya. Menurut istri saya itu adalah pot berisi beberapa benih/biji bunga yang memang menjadi salah satu subject pendidikan di sekolah agar anak-anak bisa lebih mengenal dan menjaga alam nantinya. Dan… ternyata itu juga merupakan hadiah untuk istri saya sebagai bagian dari perayaan mother’s day di Australia. Dari sisi yang satu ini saya melihat adanya perbedaan cara mendidik disini, alih-alih si anak disuruh metik bunga untuk diberikan kepada ibunya sebagai apresiasi, mereka disuruh menanam, merawat dan memberikam bunga hidup sekalian menjaga alam. Setelah kami sirami setiap hari, akhirnya ga lama kemudiam tunasnya mulai tumbuh.

Seneng deh lihatnya hahaha… apalagi saya sendiri memang hobby berkebun dan punya impian suatu hari nanti bisa punya rumah yang memiliki sebidang tanah untuk dijadikan kebun (semoga tercapai aminn…).

Saya dan istri pun bergantian menyiram pot ini setiap pagi dan pot ini kami letakan di jendela ruang laundry karena setiap pagi ada sinar matahari yang langsung masuk menyinari ruang tersebut. Kenapa ga diletakan diluar? Karena kami sewanya unit dan di lantai 2 hehehe… bisa sih ditaro di balkon kecil, tapi sinar matahari nya ga nyampe.

Dan hari ini saya melihat ada 1 bunga kuning nan cantik mekar.

Ahh…. damai dan menyejukan melihat sebuah kehidupan berkembang, dan semakin membuat kita merasakan kehadiran Dia yang Maha dan pencipta langit, bumi beserta seluruh isinya.

Dan saya pun semakin bersyukur karena memang semakin terlihat jika disini pendidikan itu lebih ditekankan sisi kemanusiaan daripada sekedar mengejar nilai dan ilmu pasti. Sebuah sisi yang bisa kita rasakan masing-masing jika semakin kesini sudah semakin terkikis.

Tapi bukan berarti disini semua positif, nanti ditulisan berikutnya saya coba tuliskan apa saja yang menurut saya kurang/tidak baik dari sisi pendidikan disini.

Leave a Reply

