3, 3

Pagi ini, entah kenapa saya terbangun jam 3 pagi, dalam suhu 3 derajat. Bukan karena dingin karena heater saya nyalakan hampir setiap malam selama musim dingin. Bukan karena saya takut dingin juga kenapa heater saya nyalakan setiap malam, tapi lebih karena anak-anak saya susah banget disuruh memakai selimut, dalam musim dingin sekalipun, haduh… haduh… sudah macam pinguin saja kalian ini…

Segala macam pikiran tiba-tiba menari dengan riang gembira dalam kepala saya pagi ini, entah darimana pikiran-pikiran itu bisa tiba-tiba nongol. Ada 1 pikiran yang paling kuat yaitu tentang pekerjaan, masih ya… sudah sampai disini pun tetap saja gaya kerja di Jakarta tidak bisa lepas begitu saja hahaha…

Tadi (kemarin sore tepatnya) sebelum pulang, leader saya tiba-tiba mengajak saya diskusi mengenai mempercepat sebuah proyek sembari menunggu progress beberapa proyek yang memang sedang saya kerjakan. Oke.. oke… pasti pada bingung bacanya karena tiba-tiba saya memulai ditengah-tengah. Saya jelasin ya dari awal hehehe…

Sejak di Australia, saya kembali kerja jadi tukang insinyur, bahasa gaul nya jadi Engineer hahaha… Nah, karena posisi saya di level Senior Engineer, saya pun dituntut untuk bisa mengerjakan beberapa (kayanya semua kalau bisa hehehe…) teknologi dan sistem. Tahun ini, tempat saya bekerja kebetulan ada beberapa proyek internal untuk mendukung meningkatkan performance bisnis yang memang semakin ganas persaingannya. Beberapa proyek itu adalah saya diminta untuk memindahkan sistem IP Telepon dan Contact Center mereka dari Cloud base (third party) ke In House base dimana menggunakan product CISCO, yang kedua saya diminta untuk mengganti sistem wireless mereka dari In House justru ke cloud tapi walaupun cloud base sistemnya tetap kami manage sendiri, dan penggantian sistem wireless ini juga diikuti dengan beberapa perubahan di network mereka karena ada kaitannya dengan network improvement di proyek ketiga, proyek ketiga adalah network improvement dimana seluruh perangkat campus network mereka akan diubah ke automation dengan menggunakan APIC-EM, lalu datacenter network mereka diubah ke virtual private cloud menggunakan kombinasi NSX dan Cumulus (semacam software yang bisa digunakan di beberapa merek switch tertentu yang memiliki salah satu feature nya yaitu VxLAN, semacam OTP lah kalau di teknologi Nexus nya CISCO), dimana kedua network ini akan terintegrasi ke CISCO ISE. Nah… proyek yang paling bontot adalah memindahkan dan menggabungkan sistem IP Telepon yang ada di regional ke sistem yang ada di Melbourne. Eh… gambar dibawah mug di meja kerja saya keren ya hahaha… (gagal fokus… :p )

Jadi ceritanya tempat saya kerja mengakuisisi 1 perusahaan di regional sana, nama kotanya Bendigo, regional itu semacam Bogor lah kalau di Jakarta, lalu ada ide untuk membuat semuanya terpusat di Melbourne, dimulailah wacana untuk mindahin sekalian gabungin tuh sistem ke Melbourne. Semestinya proyek ini jadi proyek terakhir, atau setidaknya dikerjakan setelah sistem yang sekarang ada di cloud sudah kami pindahkan ke in house, tapi tiba-tiba diminta dipercepat. Jadi bangun lab karena banyak tes ini itu di lab deh…

Yang jadi tantangan nya adalah bukan karena bisa atau tidaknya saya melakukan itu, tapi informasinya benar-benar sangat terbatas hiks…. sama seperti sistem yang ada di Melbourne ini, sistem yang ada disana pun tidak ada dokumentasinya, dan orang-orang yang mengerti sudah pada pergi. Mateng kan tuh pakai gosong…

Tapi ga papa, semua harus bisa kita atasi, minggu depan jadi super sibuk saja karena harus ngebut mempersiapkan sistem di Melbourne agar siap menampung semua license dan user yang akan dipindahkan itu. Belum strategi nya agar call flow tidak putus secara di regional menggunakan 3 digit dan di Melbourne 4 digit, jiahh…. another challenge deh…

Karena mengerjakan proyek-proyek diatas tadi, saya jadi belajar banyak tentang Microsoft, secara Voicemail sistem menggunakan Exchange, dan saya harus banyak bermain dengan domain controller dan DHCP untuk mempersiapkan konfigurasi di network agar bisa berfungsi. Belum lagi main dengan VmWare secara semua sistem telepon mereka ada di Virtiual semua. Mabok bombay sih… tapi positifnya adalah saya jadi belajar banyak hal baru, tidak hanya networking dan voice saja, tapi sampai ke sistem lainnya. Jadi super engineer deh hahaha… ga juga lah, disini umum kok seorang engineer harus bisa menguasai beberapa hal, karena dituntut untuk bisa se-mandiri dan se-auto-pilot mungkin.

Sebetulnya awal-awal saya rada shock dan kagok sih, secara sudah 5 tahun lebih tidak benar-benar totalitas di level teknis, lebih banyak main di level desain dan konseptual. Tapi semakin kesini (untungnya) saya bisa semakin menikmati proses ini, karena seru loh… bisa belajar hal baru, konsepnya dan membuatnya berfungsi, disini juga saya jadi sentuh konsep contact center walaupun yang level express, trus CUIC dan Finesse nya yang buat saya dulu adalah barang aneh eh.. sekarang malah saya troubleshoot sampai jalan, belum lagi CISCO ISE yang ribetnya amit-amit, semua ini bisa mungkin juga karena saya memang dari dulu jiwanya Engineer kali ya hahaha… kan saya itu Engineer by default. 🙂

Jadi deh 1 postingan gegara ga bisa tidur, ngetiknya sambil kedinginan pula karena saya tidak menyalakan heater di ruang TV hehehe… sayang bayar listriknya. Ngomong-ngomong bayar ya… bulan ini saya dapat bill dari pemakain air 3 bulan sebelumnya sebesar AU$ 153, sampai terkaget-kaget saya kok iya mahal bener ya, eh… setelah dibaca kebawah ternyata saya hanya perlu bayar AU$ 53 saja karena AU$ 100 di rebate pemerintah, wuih…. ada apa ya gerangan? karena tidak ditulis alasannya kenapa direbate, baik bener pemerintah sini.

Udah gitu saya dapat tax return hampir 80% yeayy… di Australia financial year nya tutup di bulan Juni, jadi bulan Juli dah pada siap-siap lapor pajak tuh dan dikasih waktu 4 bulan sampai Oktober, nah… disini ternyata cara hitung financial year tax nya benar-benar 12 bulan, karena saya kerja dari Februari 2017 sampai Juni 2017, jadi total penghasilan saya tetap dianggap dari Juli 2016 sampai Juni 2017. Yang artinya total gaji 5 bulan saya dianggap penghasilan 12 bulan, dan itu langsung impact ke perhitungan pajak sehingga pajak yang harus saya bayar jadi lebih kecil. Kenapa bisa begitu, karena disini pajak dipotong maksimal dulu baru setelah itu dibalikin ke kita.

Kok bisa? jadi gini, disini pajak itu berjenjang, misalnya ya (ini cuma ilustrasi kasar ya…) kalau dalam 1 bulan kita punya penghasilan katakanlah $1000, maka dalam 12 bulan kan $12000, misal $2000 pertama kena pajak 5%, $3000 berikutnya kena 7%, $4000 berikutnya kena 9%, $5000 berikutnya kena 10%, dan berapapun angka setelahnya kena 15%. Jadi total pajak yang harus dibayar dan sudah dipotong adalah ($2000 x 5%) + ($3000 x 7%) + ($4000 x 9%) + ($3000 x 10%) = $970 ($100 + $210 + $360 + $300). Kok terakhir cuma 3000? karena kan total $12000 hehehe….

Nah, balik ke hitungan yang saya, karena saya kerja cuma 5 bulan, jadi kan total setahun saya hanya $5000, balik ke hitungan yang diatas seharusnya pajak yang saya bayar kan ($2000 x 5%) + ($3000 x 7%) = $310 saja bukan $970. Jadi saya dibalikin uang nya sebesar $660 deh sama pemerintah hahaha.. baek bener ya, dan proses nya ga pakai ba bi bu loh… semua online dan ga dipersulit. Coba kalau disana (disana tuh….) sudah kita sodorin yang merah muda saja kadang masih ribet ruwet kaya benang layangan kusut…

By the way, jangan tanya mengenai hitungan diatas ya, itu ilustrasi kasar saja, kalau mau detailnya gugel saja ATO, ntar baca sendiri di website nya hehehe… yang pasti pajak yang kita bayarkan dilaporkan balik ke kita di setor kemana saja, lebih sangat transparant.

Terus tahun depan gimana? ya ga bakalan dapet sebesar itu lagi karena saya kan pertahunnya benar-benar 1 tahun hahaha…. tapi masih dapat tax return kok karena istri saya kan full time mommy, dan saya ada 2 anak yang masih dibawah 16 tahun, besaran returnnya saya ga tau soalnya belum pernah klaim yang setahun. Eits… sebentar, apa jadinya kalau ternyata kita kurang bayar? ya akan ditagih sama pemerintah, kok bisa kurang bayar? ya bisalah, contohnya lu main jual beli saham, atau ada investasi lain dan dapat untung.

Saya secara pribadi tidak merasa sakit hati atau keberatan sih bayar pajak disini, walaupun amit-amit ya motong nya, tapi semua itu kembali kepada saya juga dalam bentuk fasilitas umum yang bersih dan dirawat, pelayanan kesehatan dan lainnya, pendidikan untuk anak saya, perpustakaan, jalan yang baik dan terawat dll. Belum lagi bentuk-bentuk tunjangan yang saya dapat karena single income, walaupun semakin tinggi gaji saya akan semakin rendah tunjangannya ya, tapi kan balik lagi saya masih diperhatikan sampai segitunya, sudah kesehatan dan pendidikan gratis, masih dikasih bantuan dana setiap bulan kurang baik apa coba.

Ya apapun itu, sekali lagi setiap tempat ada plus dan minus nya ya hehehe…. kembali kepada diri masing-masing mau ngejar apa dalam hidup. Baiklah…. sekarang mau coba tidur lagi ah… moga-moga bisa tidur sebentar soalnya hari ini sudah janji sama unyils mau ajak mereka ke open range zoo di Werribee, nyetir 1 jam hahaha… ga papa lah karena melihat ekspresi di muka polos mereka itu tidak tergantikan hahaha…

Leave a Reply

