Proses mendapat restu

Tinggal di Negara maju dan tertib seperti Australia membuat kita mau tidak mau juga jadi ikutan tertib. Contohnya dalam urus mengurus SIM, disini untuk bisa mendapatkan SIM Australia kita bisa mengajukan konversi dari SIM kita di Indonesia. Jadi kita bisa langsung mendapatkan Full License Australia jika kita sudah memegang SIM A lebih dari 3 tahun dan lulus saat SIM kita di cek oleh pihak yang berwenang mengeluarkan SIM disini.

Di Australia badan berwenang yang bisa mengeluarkan SIM namanya VicRoad (search saja website nya), bukan Polisi seperti di Indonesia loh… dan SIM nya sendiri terbagi menjadi 4 level, dimulai dari learner permit (L), probation 1 (P1), probation 2 (P2), dan full permit. Selain full permit, mobil yang dikendarai oleh orang yang memegang permit lain harus menempelkan semacam plat huruf L, P1 atau P2 di mobil yang dikendarainya. Mengenai apa, kenapa dan syarat 4 level tersebut baca sendiri ya di web nya VicRoad, panjang soalnya dan takutnya saya malah salah jelasin hahaha…

Nah… kan tadi saya bilang bisa di konversi ya, ternyata setelah di cek di web mereka yang bisa langsung di konversi di full license victoria (nama keren SIM Oz untuk negara bagian Victoria dimana Melbourne jadi ibu kotanya) adalah SIM dari negara tertentu saja, dan Indonesia termasuk…. jeng… jeng… jeng… jenggg…. Bisaaa horee… TAPI tetep harus lulus ujian 3 tahap dulu huaa… hikss… lemes deh langsung saya secara ga pernah bawa mobil disini kan…

Kalau SIM kita dari (yang saya ketahui, cek sendiri lagi ya) Singapura, UK, NZ, atau USA maka bisa langsung diubah ke full permit oztrali tanpa harus tes lagi, ya eyalah… secara disononya buat dapet SIM kan tes nya beneran di tes ga asal lirik-senyum tau-tau SIM dah didepan idung kaya sulap hehehe….

Karena Indonesia tidak termasuk dalam list yang diperbolehkan direct convert, terpaksa deh saya belajar lagi aturan-aturan lalu lintas dsb tiap malem. Enaknya, disini kita bisa donlot yang online untuk buku aturan lalu lintas nya dan itu gratis, atau beli bukunya di kantor VicRoad. Yah… karena saya pelit jadi saya donlot aja deh, trus saya upload ke HP untuk jadi bahan bacaan selama saya di kereta atau tram. Setiap tes ada panduannya dan ada versi online nya, lumayan lah menolong urusan kantong hahaha…

Tes pertama yang harus saya lewati adalah tes pengetahuan tentang aturan jalanan di Victoria baik secara umum maupun khusus (karena setau saya di setiap negara bagian punya aturan khusus sendiri-sendiri) seperti contohnya aturan roundabout di victoria, semacam lingkaran di persimpangan yang mengharusnya pengendara selalu mendahulukan pengendara dari kanan, nama keren tes nya kalau ga salah learner permit knowledge test, entahlah baca sendiri saja di web ya. Tes pertama ini biayanya AU$ 41.06 untuk sekali tes, kalau gagal gimana? Ya bayar lagi hehehe… intinya kalau tes ini belum lulus ya ga bisa maju ke tahap berikutnya. Tes ini adalah tes di depan komputer menjawab pertanyaan dengan konsep pilihan ganda. Cara tesnya kita harus booking dulu jadwalnya dengan langsung daftar di kantor VicRoad atau secara online, yang ternyata rame banget yang mau tes hahaha… saya dapat jadwal 2 minggu dari hari saya daftar.

Tes kedua adalah tes mengenai potensi bahaya, nama keren nya Hazard Perception Test. Tes ini juga pakai komputer, kita akan dihadapkan dengan rekaman-rekaman yang ada instruksi dan di setiap rekaman kita akan diminta untuk melakukan sesuatu (misalnya ngerem, belok, nyalip dsb) dengan melakukan klik pada mouse komputer. Misalnya kita dihadapkan dengan sebuah rekaman dimana kita sedang mengedarai mobil dengan posisi akan belok kanan, lalu instruksinya adalah “klik mouse jika kita merasa aman untuk belok kanan” nah… di video itu bisa macam-macam ya kondisi jalannya… kalau saya pas tes di soal yang satu itu dapet posisi dimana dari arah depan banyak mobil berdatangan dan ada 1 masa dimana saya bisa belok dengan aman trus saya klik deh hehehe… sayang saya ga tau di soal itu bener ga karena hasil tes nya berupa summary. Intinya tes yang satu ini mau menguji kemampuan kita dalam mengambil keputusan di jalanan dalam berbagai kondisi dengan menganalisa dan mengatasi berbagai potensi bahaya. Tes ini sendiri biaya nya AU$ 35.64, dan saya dua kali harus mengambil tes ini karena gagal sekali hikss… sebulan sendiri deh buat lulusin tes kedua ini karena saya maunya ambil tes di VicRoad dekat tempat kerja jadi ga usah ambil cuti seharian dan jadwalnya penuh terus.

Tes terakhir adalah tes membawa kendaraan langsung di jalan yang nama kerennya Driver Test, horee… dah terakhir, tapiii…. ini menurut hasil analisa adalah yang tersulit dan paling banyak ngulang, rata-rata pada ngulang 3 kali buat lulus hahaha… langsung pening dah pala saya, dalam tes yang terakhir ini kita menjadi supir dan mengendari mobil beneran, di jalan beneran, ditemani 1 atau 2 petugas VicRoad yang akan memberikan instruksi selama dijalan dan menilai apakah kita sudah layak membawa kendaraan dijalan atau belum, instruksinya umum kok seperti “setelah lampu merah pindah jalur ke kanan/kiri”, “didepan belok kanan/kiri”, “kalau aman putar balik dengan metode 3 titik”, umum kan? Lah… terus apa donk yang bikin susah? Yang bikin susah adalah cara kita pindah jalur, cara kita pindah jalur saat ada 2 jalur yang menjadi satu jalur, cara kita belok saat belok di jalan biasa atau yang ada jalur sepedanya, cara kita putar balik, cara kita menyesuaikan kecepatan kendaraan dengan petunjuk batas kecepatan di jalan-jalan apalagi jam sekolah dan cara-cara lainnya, baca sendiri yak… ada panduannya di web xixixi…

Tes ini dibagi 2 tahap, dimana tahap pertama adalah instruksi dasar di jalanan yang lebih sepi dan kalau point kita lulus baru dilanjutkan ke tahap kedua dimana instruksi nya lebih kompleks dan dijalanan yang lebih ramai. Walaupun ini murni penilaian dari petugas VicRoad, kita tidak perlu kawatir dikerjain karena mereka tidak bisa disogok (jangan nyoba nyogok yaa… yang ada ntar SIM ga dapet malah berakhir di penjara) dan kerja sesuai aturan, kalau lulus ya lulus kalau ga dikasih tau salah atau kurang sesuai dimana, jadi tenang aja kemunkinan dikerjain kecil bingits kok hehehe… tes ini biayanya AU$ 60.94 dan tes ini kan menggunakan mobil, dan VicRoad tidak menyediakan mobilnya, jadi kita bisa pinjem mobil orang lain, sodara atau temen baek, atau bisa sewa sama driver instruktur. Kalau sewa sama driver instruktur bisa pilih sewa mobilnya doank atau pakai belajar dulu terserah kita. Saya saat kemaren karena bingung mau pakai mobil siapa jadi cari-cari driver instruktur dan sewa mobil dia plus 1 jam pelajaran sebelum test dimulai. Sewa mobil plus 1 jam pelajaran membuat saya harus bayar AU$ 200 hikss… mahal yak… tapi jadi motivasi kalau tes nya jangan sampai ngulang hehehe… karena sakit dan nyengat bayar sewanya. Saat akan mulai tes nya, mobil kita akan di tes kelayakannya sekalian menguji pengetahuan kita tentang cara nyalain lampu sein, rem ada dimana, rem tangan yang mana, bisa ga nyalain lampu besar dan lampu sorot. Jadi sebelum dimulai tes nya, petugas akan minta kita “nyalakan sein kanan, sein kiri, lampu depan, lampu atas, lampu hazard, wiper” trus dia pindah ke belakang “injek rem, sein kanan, sein kiri, lampu hazard” trus dia masuk ke mobil dan minta kita menunjukan “mana rem tangan, mana penghangat kaca depan untuk usir embun/es, kaca belakang” trus dia baru instruksikan “nyalakan mobilnya, saat aman arahkan ke jalan” nahh… baru deh tes dimulai.

Saat petugas sedang minta kita nyalain ini atau itu, tunjukin ini atau itu dan kita gagal melakukan salah satu nya, iya… cuma salah satunya… tes langsung di batalin karena kita dianggap tidak mengerti bagaimana mengoperasikan mobil hiks… dan instruksi semua dalam bahasa inggris aksen british ya. Oke, balik ke dimulainya tes, bahkan dari kita menyalakan mobil dan siap-siap menjalankan mobil pun sudah harus pakai sein kiri/kanan (tergantung kita mau belok kemana), trus celingak celinguk lihat kanan-kiri apakah sudah aman buat menjalankan mobil atau belum, lah… tapi kan masih dalam parkiran? iya, dimulai dari sini hazard tes yang sudah lulus itu di tes lagi hahaha… kalau kita maen nyelonong saja gimana? Ya disuruh langsung parkir lagi dan tes gagal  so, interesting isn’t it?

Nahh… setelah lulus ketiga tes itu baru deh kita dapat SIM nya yang sudah langsung full permit karena kan kita sudah full permit saat pegang SIM A hehehe… kita akan dikasih dulu SIM sementara bentuk nya kertas dan bisa digunakan (berlaku) selama SIM kita yang sebenarnya yang dikirim ke alamat kita belum kita terima, dan SIM itu akan kita terima maksimal dalam waktu 10 hari kerja, jadi bisa dibilang SIM kertas sementara itu berlaku 10 hari kerja hahaha…

Untuk masa berlaku, SIM di Australia bisa pilih antara 3 tahun atau 10 tahun, karena saya ga mau pusing hahaha… saya langsung pilih 10 tahun. SIM beneran nya seperti ini nih.

Nah… setelah disuruh bayar baru nyengir kuda deh… mahal booo… untuk 10 tahun kita harus bayar AU$ 267. Kalau ditotal ya, saya habis AU$ 640,28 huaa… mahal yaa… coba kali Rp. 10.000 aja udah hampir 6,5 juta Rupiah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s