Tags

, , , , , ,

Tuhan itu nyata…

Saya jatuh entah sudah berapa kali, tidak terhitung… sakitnya? Tidak terkatakan…

Saya berjuang berusaha bangkit pun sudah berkali-kali, tidak terhitung… capenya? Tidak terlukiskan…

Saya termasuk manusia beruntung, setiap saya terjatuh selalu ada seseorang yang menopang semangat saya untuk bangkit, yaitu pacar saya yang kemudian menjadi istri saya, ibu dari anak-anak saya… Seorang wanita yang kuat dan tegar… mau susah, mau berusaha dan mau bersabar…

Selain teman-teman saya, yang juga begitu sabar mau membantu mencarikan jalan keluar, mendengarkan, menjelaskan, dan memberikan semangat…

Dan… saya juga beruntung, setiap saya berada dalam kesulitan, doa saya selalu didengar oleh-Nya, sebagian besar novena saya selalu terkabul, walaupun tidak terkabul dengan cepat, tapi pada akhirnya sebuah jalan bisa saya temukan…

Terkadang, saya merasa malu, sering terjatuh dan sering berusaha bangun, dan sering juga merasakan kehadiran Tuhan ditengah jalan keluar yang saya temukan, tapi saya masih sering merasa kawatir dan mempertanyakan keberadaan Nya.

Hari ini, saya menyadari… Yesus sudah terjatuh berulang kali dibawah salib Nya, tapi Dia tidak menyerah, walaupun akhirnya Dia harus melalui penderitaan yang teramat sangat tidak manusiawi, tapi Dia melewatinya dan Dia menang. Dia membuktikan jika Dia tidak pernah menyerah untuk orang-orang berdosa seperti saya, orang yang masih dan selalu mempertanyakan penyertaan Nya.

Novena saya selama pra paskah, tepatnya saat minggu palma, terkabul untuk kesekian kalinya. Saya mendapatkan jalan, dan tidak lama lagi akan menjalani pekerjaan baru dengan tugas yang lebih jelas dan sesuai dengan keahlian yang saya miliki, walaupun semua itu tetap tidak menjamin hasil akhirnya akan seperti apa, tapi setidaknya saya diberikan jalan untuk mencoba dan berusaha. Dan, mungkin saya ditolong untuk suatu hal yang mungkin kurang baik untuk saya, siapa yang tahu… hanya Dia.

Dengan mendapatkan pekerjaan baru yang saya rasakan bisa lebih baik ini, walaupun harus menempuh perjalanan yang tidak singkat, saya mulai merasa bisa melalui culture shock yang selama ini saya rasakan. Entahlah… rasa percaya diri untuk menatap masa depan untuk kedua putra saya agar bisa tumbuh besar disini mulai muncul lagi, dan semoga bisa semakin besar dan besar…

Tuhan itu nyata…

Selamat menyambut paskah, semoga semangat dan berkah paskah menyertai kita semua seperti menyertai kami saat ini…

