Tags

, , ,

Tidak terasa sudah jumat lagi… disini, semakin hari perasaan kok semakin cepat hari berganti. Atau jangan-jangan karena kesibukan yang membuat semua berjalan begitu cepatnya.

1 minggu pertama saya bekerja disini saya dikenalkan dengan team yang ada, dengan lingkungan kerja, peraturan-peraturan, alat-alat kerja, software pendukung untuk kerja, sampai ke seperti apa bisnis yang sedang dijalankan oleh perusahaan tempat saya bekerja.

Begitu masuk hari ketiga, saya mulai diberikan tugas untuk mengerjakan project. 2 Project pertama saya adalah melakukan upgrade system telephony yang berbasis IP beserta SIP trunk mereka dan melakukan review terhadap network mereka saat ini dan apa bisa dilakukan agar lebih baik lagi saat network tersebut dipindahkan ke data center dan membuat semua karyawan bisa bekerja secara virtual.

Proyek kedua, selesai lebih cepat karena mereka sudah menyiapkan semuanya dan saya nyaris tidak bisa memberikan banyak masukan kecuali memperkuat security yang ada di far-end network mereka dan melakukan beberapa penetration test.

Proyek pertama, ini yang paling membuat saya mabok, system IP Telephony baru yang tidak pernah saya dengar sekalipun selama karir saya di Indonesia karena selalu berhadapan dengan 3 merek besar yaitu Nortel, Avaya dan Cisco. Juga dialing plan yang digunakan di Australia yang benar-benar hal baru buat saya, karena permainan digit nya nyaris berbeda dengan di Indonesia, termasuk cara pemanggilan lokal, interlokal, dan international.

Jumat ini, akhirnya proyek ini selesai saya kerjakan, setelah server siap di hari senin, lalu senin sampai selasa melakukan instalasi beserta seluruh setup configuration lalu rabu dan kamis review seluruh system configuration akhirnya hari ini system di cutover ke system yang baru, huufff…. lega… cutover nya bisa dibilang smooth padahal awal nya saya merasa tidak percaya diri, maklum sudah lama tidak menjadi engineer.

Sekarang extension bisa di extend sampai ke mobile phone dan memiliki feature chat, conference (web, video dan voice), send email, leave voicemail dan basic call. Juga bisa melihat presence setiap orang yang ada di kantor seperti yahoo messenger. System nya keren sih, tapi tidak bisa saya sebut disini. Yang penting semua akhirnya selesai dalam 1 minggu, eh… masih ada beberapa pekerjaan kecil yang harus diselesaikan tapi itu bisa menunggu di hari senin. Ini akan menjadi system tercepat yang saya pelajari terlepas dari saya sudah memiliki konsep yang lumayan kuat tentang voice technology dan voice over IP, dan menjadi proyek tercepat yang saya selesaikan dari Nol.

Nah… ini juga jadi awal yang bagus karena besok kami akan ke city jam 7 malam untuk melihat festival white night. Bisa di googling saja white night melbourne untuk mengetahui itu festival apaan karena kami juga baru pertama kali mau datang hahaha… yang pasti itu event dari hari sabtu jam 7 malam sampai minggu jam 7 pagi, diadakan di city, dan semua public transport beroperasi penuh sampai event selesai. Setidaknya bisa pergi dengan perasaan lebih lega.

Saya saat memberitahu event ini ke istri, dia langsung antusias, ya saya juga sih… maklum masih suka kambuh sifat kampungan nya hahaha… kami langsung menyusun rencana apa saja pameran yang ingin kita lihat dan dimana kita akan berjalan, karena membawa 2 unyils yang masih imut-imut kami tidak berencana sampai malam, mungkin sekitar jam 9 malam kami sudah akan pulang, apalagi besok nya kami akan ke Gereja untuk mengikuti Misa.

Ya… minggu yang medebarkan, memusingkan, membuat stress, sakit kepala dan berakhir dengan kelegaan, semoga kedepannya saya bisa lebih menguasai diri dalam menghadapi setiap tantangan yang ada di setiap tikungan yang bisa saja keluar dan menyapa tiba-tiba saat kita sedang melenggang.

1 hal yang pasti, sentuhan engineer saya ternyata masih ada dan lumayan tajam… 🙂

