Sebuah keputusan.

Hari ini, 27 Juni 8 tahun lalu, kami berdua akhirnya sepakat untuk melanjutkan hubungan kami berdua yang saat itu berstatus pacaran yang sudah kami jalani selama kurang lebih 6 tahun ke jenjang yang lebih tinggi yaitu pertunangan yang kemudian berlanjut ke pernikahan kurang lebih 1 tahun kemudian.

Prosesi ala leluhur kami dari daratan sana pun dilaksanakan dan pada hari inilah mama saya secara resmi datang ke pihak perempuan untuk melakukan lamaran terhadap anak gadisnya untuk saya nikahi.

Sebuah percakapan pun dimulai dan diakhiri dengan kesepakatan untuk melakukan pernikahan di bulan September tahun depannya.

Hari penuh makna ini diwarnai dengan sebuah keputusan yang sangat tidak mudah untuk diambil dan sebetulnya langkah nekat yang saya putuskan saat itu. Keadaan saya yang masih tidak jelas dan belum ada setitik cahaya masa depan yang cerah membuat saya merasa terlalu nekat untuk meminang istri saya. Bukan karena apa-apa, tapi bagi saya pernikahan itu bukan sebuah permainan dan sebagai katolik pernikahan hanya boleh terjadi 1 kali sepanjang nafas saya di dunia.

Saya menakuti banyak hal saat itu, dimana salah satu nya adalah apakah saya mampu menafkahi istri saya, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan makan 3 kali sehari untuk sendiri saja saya masih hemat-hemat, belum lagi keadaan kami tanpa tempat tinggal tetap setelah ditinggal (alm) papa saya.

Tapi itulah kuasa Tuhan, saya sendiri pun sampai saat ini tidak menemukan formula yang tepat bagaimana Dia bisa memberikan jalan sampai hari ini, selain iman dan mukjizat sebagai jawabannya.

Terimakasih Tuhan, sudah memberikan kesempatan pada anak-Mu yang penuh keraguan pada-Mu dan dosa ini untuk memiliki impian dan mendapatkan jalan untuk mewujudkan nya.

Leave a Reply

