Lawan diskusi

Bulan ini, tepat 16 tahun kepergian kakak yang kemudian disusul bulan depan adalah 16 tahun kepergian papa.

Kadang… saya suka merenung, seandainya mereka berdua masih ada, mungkin semua ini tidak akan seruwet yang ada di pikiran saya.

Mereka, selalu menjadi tempat saya bertukar pikir saat masih ada. Ya… hidup berubah begitu cepat, kadang kita tidak sadar jika kita sudah berjalan sedemikian jauh dan mungkin tersesat.

Beruntung… saya masih punya paman di Singapura yang begitu tulus dan bijak untuk diajak bicara saat saya sedang bimbang. Juga… beberapa kawan baik yang tulus dan terbuka saat diajak berdiskusi mengenai kegalauan saya.

Dan… seorang istri yang bisa selalu menyemangati, jika impian saya itu bukan gagal saya raih, tapi lebih kepada saya diberi kesempatan untuk bersiap dan memilih.

Ya… hidup ya begini, kadang kita terlalu gelap mata dan dikuasai napsu, yang terbungkus indah dengan sesuatu yang disebut impian dan pantang menyerah.

Semua ini akan saya bawa dalam Novena. Karena selama ini, Novena selalu menjadi jalan bagi saya dan istri untuk berserah dan menemukan jawaban.

Jika saya mengingat apa kata (alm) papa saat hidup, “hidup jadi manusia itu kadang menjadi serba salah” sekarang saya mulai mengerti apa yang dimaksud oleh kalimat tersebut, walaupun… apa yang saya mengerti pun mungkin saja menjadi makin serba salah.

Leave a Reply

