Tags

, , ,

Hari ini, tepat 1 tahun yang lalu adalah hari dimana saya baru saja mengirimkan scan passport terbaru saya yang baru diperpanjang ke Imigrasi Australia disana, pengiriman yang saya imbangi dengan doa yang meminta agar perjuangan kami bisa di kabulkan, yang kemudian berakhir dengan terkabul nya doa itu bulan berikut nya, pada tanggal 7 Mei.

Hidup, bagai sebuah opera, terkadang kita dihadapkan pada adegan-adegan yang sedih, kadang pada adegan bahagia, terkadang justru kita dihadapkan pada sebuah harapan yang tercapai yang kemudian kita ditempatkan di persimpangan yang membingungkan yang membuat kita jatuh ke tengah ragu saat dipaksa harus mengambil keputusan terlebih untuk melepaskan harapan yang sudah tercapai itu. Dan tidak jarang kita justru dihempas kedalam adegan misteri yang “mungkin” tidak akan pernah ada jawaban selama nya.

Dunia ini sebuah opera kawan… yang adegan demi adegan nya berubah begitu cepat dan menyampaikan candaan demi candaan yang kadang tidak bisa kita mengerti arti sesungguhnya dibalik itu semua.

Apapun itu, kita hanya butuh sebuah rasa syukur untuk menjaga agar kita bisa tetap waras dan terjaga.

Banyak kawan yang menyayangkan keputusan saya yang sudah mendekati titik dimana saya akan lepas PR saya sekeluarga (walaupun belum tentu terjadi karena saya belum mengatakan jika saya sudah menyerah) setelah begitu gigih nya saya berjuang sampai mendapatkannya. Hidup ini misteri kawan, setidak nya penuh dengan misteri. Jujur, saya pun sangat berat saat memikirkan untuk melepaskan hal itu, bukan hanya karena uang yang sudah saya keluarkan (yang saya kumpulkan sepeser demi sepeser dengan susah payah), bukan juga hanya karena tenaga dan pikiran yang sudah terkuras, tapi juga impianyang sudah saya bangun sedemikian panjang dan mulai saya pikir untuk dilepas karena saya merasa impian tersebut terbangun tidak dengan sebuah fondasi yang kuat dan berada di waktu yang tidak tepat saat itu, mungkin sulit bagi kalian untuk mengerti…

“ahh… itu hanya alibi mu jo, mencari pembenaran saja kamu…”

 

360a80dd68cb1f86086005bc661130d0

 

Ya… apapun itu, mungkin strategi saya yang salah, mungkin langkah saya yang salah, mungkin saya bertemu orang yang salah, mungkin juga saya berada di tempat yang salah bahkan waktu yang salah. Apapun itu, semua terasa salah saat kita menyadari kita sudah salah langkah dan membuat pintu semakin tertutup akibat efek yang terjadi saat kita salah menempatkan langkah kita (walaupun belum skak-mat), karena hal itu membuat semua dana yang sangat terbatas itu sekarang bukan terbatas lagi tapi malah menjadi habis…

1 hal yang pasti, Opera belum selesai…

“Walaupun langit disini tidak sebiru disana, akan tetapi kami memiliki kehidupan dan masa depan yang tidak kalah cerah nya saat memilih untuk tetap berjuang disini”

 

