Memilih

Berbahagialah kalian yang masih memiliki pilihan, karena banyak orang yang ingin memilih tapi tidak diberikan pilihan.

Saya termasuk salah satu orang yang beruntung itu, yang diberi kesempatan untuk memilih. Saya pernah tinggal selama 1 bulan di New Delhi, India. Pernah juga tinggal selama 20 hari di San Jose, CA, USA. Dan terakhir tinggal 3 bulan di Melbourne, VIC, Australia, dan saya masih memiliki pilihan untuk pulang.

Dari semua pengalaman itu, saya mulai merasakan jika hidup di tanah air memang lebih enak, terlepas dari carut marut pemerintah yang sekarang dalam proses pembenahan oleh orang-orang pemberani dan jujur (dan semoga bisa berhasil menjadi lebih baik). Disini, bagaimana pun tetap biaya hidup lebih murah dibandingkan disana, terutama untuk profesi yang saya jalani. Walaupun disana kita juga menerima Dollar sebagai upah, saya pernah melakukan perhitungan berdasarkan upah maksimal versus biaya hidup berdasarkan profesi saya di masing-masing tempat, hasilnya ternyata memang tetap lebih murah disini, kenyamanan hidup dan yang bisa ditabung lebih banyak disini.

Jika bicara cuaca, saya pun sudah merasakan dan tidak memungkiri jika saya memang manusia tropis. Suka tidak suka badan saya menolak untuk menerima dan suka dengan cuaca negara 4 musim terutama bagian musim dingin nya, walaupun bisa saya paksakan.

Disana ada bantuan pemerintah, benar! Tapi saya punya mental untuk berdiri di kaki sendiri sebisa mungkin, yang saya harapkan bisa menjadi panutan untuk kedua anak saya kelak, apalagi keduanya laki-laki. Jangan dikira enak menerima bantuan dari pemerintah :). Dan bantuan itu pun ada bintang-bintang kecil nya.

Disana pendidikan kan gratis, benar! Disini pun sekolah negeri gratis kan. Dan jangan mengira gampang bisa mendapatkan sekolah gratis disana yang benar-benar bagus dan sesuai.

Disana kesehatan gratis, benar lagi! Ada bintang-bintang kecil term and condition jika ingin cepat dilayani dan tetap gratis jika tidak punya asuransi pribadi (yang tidak murah juga). Tau BPJS ? Persis sama, bedanya disini Rumah Sakit hanya yang terdaftar, disana semua Rumah Sakit. Dan, tidak semua obat gratis hehehe…

Jika sedang begini, kadang saya ingat kata-kata kawan saya yang memilih pulang dari Perth setelah tinggal 14 tahun disana. Alasan dia sederhana “bagaimana pun juga tetap lebih enak bisnis sendiri jo, dan berdiri di tanah sendiri” tidak ada yang salah dengan hal itu.

Dulu saat masih disana, salah satu kawan saya yang sudah cukup senior yang sudah tinggal disana pernah komen di FB saya saat saya mengangkat masalah hidup layak walaupun dengan income pas-pas an (kurang lebih AUD 3000) untuk 1 keluarga dengan 2 anak, “nanti saat sudah agak lama disini, lu akan tahu taraf hidup layak itu seperti apa disini dan apakah bisa dicapai dengan angka 3000 perbulan itu”. Dan sayang nya dia benar.

1 hari setelah kepulangan saya pun, salah satu kawan saya mengirimkan pesan singkat kepada saya “Negeri ini masih membutuhkan orang-orang seperti lu, lebih baik bangun negeri sendiri Mas”. Tidak ada yang salah juga dengan hal ini.

Salah satu pesan kawan saya yang menjadi favorit adalah “disana memang nyaman jo, tapi percayalah disini pun tidak kalah nyaman. Lu hanya perlu memindahkan sudut pandang, karena tidak ada 1 tempat yang 100% nyaman”

Dan masih banyak lagi…

Terlepas dari latar belakang apakah mereka ingin menghibur dan menyemangati saya, saya terima semua dengan bersyukur, karena masih begitu banyak kawan yang perhatian dan ingin meluangkan waktu untuk menyemangati saya saat itu.

Lalu apakah saya akan melepaskan impian saya yang satu itu? Belum ada jawaban nya sekarang đŸ™‚

Jika akhirnya saya lepaskan, saya sudah bersiap menerimanya sebagai bagian dari cerita hidup saya yang seperti rollercoster ini. Dan hal itu akan menjadi salah satu pencapaian hidup saya yang luar biasa ini. Cerita pantang menyerah, keberanian, dan tekad yang dibumbui cerita nekat akan menjadi cerita seru untuk anak cucu saya kelak (jika saya diberi umur yang cukup).

Leave a Reply

