Renung

Tidak terasa 1 minggu lagi sudah Natal.

Waktu cepat sekali berlalu, dan setiap kejadiaan yang terjadi didalam nya bisa menjadi sebuah petaka atau bahkan bisa menjadi sebuah hikmah.

Semua tidak ada yang tahu, sampai pada titik tertentu dan kita sudah mendapatkan jawabannya, disitulah kita bisa mulai menganalisa dengan berbagai sudut pandang.

Tidak ada yang perlu kita sesali untuk setiap langkah yang kurang tepat dalam perjalanan hidup kita. Semua itu adalah ajaran dan pelajaran hidup. Dari semua itulah kita bisa belajar memahami, arti dari sebuah kehidupan.

Kehidupan itu tidak ada yang rata, selalu bergelombang seperti ombak. Kita harus berusaha maju terus kedepan, mensyukuri apa yang ada didepan kita dan berusaha mencapai yang lebih baik lagi di kemudian hari.

Sebuah penyesalan, hanya akan menarik kita kebawah dan menahan kita selama mungkin disana. Belajar melepaskan dan merelakan itu sangat penting, karena hanya dengan hal itulah kita bisa ringan melangkah lagi kedepan.

Natal tahun ini, akan menjadi salah satu Natal paling berkesan bagi saya. Rencana yang belum berhasil dan hampir membuat kami sekeluarga tidak memiliki sisa dana untuk hidup karena ambisi saya yang salah tempat dan waktu, beberapa hal yang harus hilang dan berkurang, cara keluar dari zona nyaman yang elegan yang tentunya saya berharap dan akan saya kejar agar tidak menjadi sia-sia, dan… hal-hal lainnya yang menjadi syukur bagi saya dan keluarga.

Tahun ini, saya semakin menyadari beberapa hal. Hanya ada 2 hal dalam hidup ini yang paling penting menurut saya, yaitu kesehatan dan kebahagiaan. Kebahagiaan itu adalah sebuah proses, sebuah perjalanan, bukan sebuah tujuan. Lalu hal lainnya adalah sebuah passion, terutama dalam hal berkarya, hanya passion lah yang bisa membuat kita mau terus berjuang dan berkembang.

Hal-hal seperti itulah yang kemudian saya syukuri untuk tahun ini. Terkadang kita harus mau berkorban untuk bisa mendapatkan pelajaran baru, untuk bisa meningkatkan kemampuan baru, untuk bisa mendapatkan kesempatan lainnya.

Tahun ini, akan menjadi tahun paling mengesankan dalam hidup saya, dalam kehidupan keluarga kami. Beberapa kejadian yang menonjol, beberapa langkah berani yang kami ambil, dan beberapa kejadian mewarnai sepanjang tahun keluarga kami.

Semoga, semua ini bisa membuat keluarga kami menjadi semakin kuat, semakin solid, dan semakin bersyukur untuk kemudian hari.