Sahabat… Sahabat??

Sahabat, sebuah kata yang pasti sering kita dengar bahkan kita jalani semasa kehidupan yang kita jalani di muka bumi ini.

Perjalanan hidup saya tentunya memberikan orang-orang yang bisa saya sebut dengan kata sahabat ini. Orang-orang yang akan saya ceritakan dalam post kali ini tapi saya samarkan nama nya. Karena saya paham jika tidak semua orang suka di pamerkan, apalagi nama nya digunakan dalam artikel tanpa ijin.

Ada sahabat yang ada saat saya sedang terpuruk karena ditinggal Papa saya 15 tahun lalu. Kita sebut saja F I, sahabat saya yang satu ini tiba-tiba datang dari Jogja ke Tegal, lalu turun dari travel tepat di depan pintu rumah duka tempat Papa disemayamkan, pada pagi hari tepat beberapa jam setelah Papa tiba di rumah duka tersebut. Tanpa basa basi, langsung menghampiri saya yang masih terbengong melihat dia tiba-tiba ada di depan saya, lalu memeluk saya tanpa berkata apapun. Hal itu, tidak akan pernah terlupakan dalam sisa hidup saya kedepan, saya bersyukur memiliki sahabat yang bisa mendampingi saya saat saya sedih dan berduka, seperti juga sahabat saya lainnya yang kita sebut saja A W, P S, dan Y N yang datang dan menemani hari-hari saya di rumah duka saat itu. Jika orang-orang seperti mereka tidak bisa kita sebut sahabat, lalu apalagi ukuran yang bisa digunakan.

Ada juga sahabat, yang ada saat saya sedang kesusahan dan kewalahan, menjalani kehidupan saya selama di kos saat kuliah karena papa sudah meninggal saat itu. A H, H, I G N P, H D, dan F C dan sahabat-sahabat yang lainnya adalah orang-orang yang sudah banyak menemani hari-hari tersulit saya setelah Papa tidak ada. Kami berkumpul, bermain bersama, berantem, ribut satu dengan yang lainnya seperti anak kecil, berbaikan lagi, lalu berantem lagi, lalu baikan lagi. Dan 1 hal yang luar biasa adalah, kami berasal dari 4 Pulau berbeda, dari 2 Universitas berbeda, dari 6 Agama berbeda, dari 4 jurusan kuliah berbeda dan kami 1 rumah selama 9 tahun sebelum pada pindah kos dan masih berkawan erat sampai sekarang ! Itulah sahabat, sebuah perbedaan apalagi pertengkaran tidak akan memutuskan ikatan persahabatan yang sudah dibangun. Sahabat adalah mereka yang mampu memaafkan lalu melupakan lalu akrab kembali 🙂

Ada juga sahabat yang sudah menjadi sahabat dari dulu kala, dan suatu hari sudah sampai ke rumah salah satu kawan saya yang dari Tegal juga, untuk menjenguk anak nya yang baru lahir, yang hanya berjarak 10 rumah dari rumah saya, tapi tidak mampir bahkan tidak memberi kabar. Itupun tetap sahabat, mengapa? Karena “mungkin dia lelah”, karena sahabat tidak mengukur dari dia mau mampir atau tidak, tidak menghitung dari “jika kamu berkunjung maka saya baru akan berkunjung”, tidak menghitung dari tindakah-tindakan kita yang harus saling berbalas. Sahabat adalah mereka-mereka yang sanggup memaafkan hal-hal kecil maupun besar, dan setelah nya tetap akrab kembali menjadi sahabat.

Sahabat, masih banyak orang-orang yang saya sebut sahabat, mereka-mereka yang membantu saya selama dalam pekerjaan dan dalam dunia kerja, selama di lingkungan gereja, selama di lingkungan rumah, dan terutama di dunia Kuliah dan di banyak hal lainnya.

Sahabat itu…. sebuah kata yang sulit dijelaskan makna nya, dipagari artinya, apalagi dijaga keberadaannya. Sahabat itu unik, tidak berbatas dan hanya mereka-mereka lah yang menjalaninya yang bisa memagarinya dengan hati yang luas dan emosi yang dalam antara satu dengan yang lainnya.

Sahabat itu, tidak mencari untung dari sahabatnya, tidak aji mumpung, tidak melihat materi, tidak berhitung untung rugi, dan tentunya tidak minta timbal balik.

Sahabat, bagi saya… kalian tetap sahabat siapa pun kalian, tidak terbatas pada siapa kawan kalian maupun siapa lawan kalian, tidak terkurung pada apa materi yang kalian miliki, dan tidak terhenti pada apa yang kalian lakukan dulu, sekarang dan akan datang.

Semoga kita tetap akrab sampai nanti para sahabat. 🙂

Leave a Reply

