Teman atau Sahabat?

Teman, ungkapan yang sering kita ucapkan untuk menggambarkan hubungan kita dengan seseorang yang kita kenal, baik kenal bangettt… atau hanya kenal saja.

Perjalanan hidup saya yang hampir menginjak 35 tahun ini membuat saya melalui banyak hal, yang tentunya bersama teman-teman saya juga.

Dari banyak hal tersebut, saya jadi mengetahui beberapa hal yang pasti, ada teman yang hanya “teman”, ada yang benar-benar teman, dan ada yang sahabat.

Tipe yang hanya “teman” biasanya sok kenal sok dekat sok akrab jika sedang ada maunya, atau jika sedang ingin pamer, atau jika kita sedang ada di atas (setidaknya mereka menganggap kita sedang diatas).

Tipe yang benar-benar teman dan sahabat biasanya lebih akrab (tidak hanya sekedar sok ….), bersapa tidak sebatas hanya ingin pamer “gue lagi di eropa nih, beli tas brendit pulak”. Berteman tidak sekadar karena kita sederajat atau lebih berduit dari dia.

Lalu apa yang membedakan benar-benar teman dengan sahabat?

Sahabat, adalah seorang teman yang kita percayai rahasia kita (terlepas dari besar kecil nya), dan sering ribut sama kita yang pada akhirnya bisa saling mengerti dan memaafkan, lalu akrab kembali. Sahabat tidak melihat uang dan harta sebagai dasar berteman, tidak menghitung budi dan utang sebagai bahan pembicaraan.

Itu menurut analisa saya.

Leave a Reply

