Tags

Komitmen, sebuah kata sederhana yang sangat mempengaruhi penilaian seseorang terhadap diri kita, terlebih jika kita adalah seorang Pria.

Tidak hanya di keluarga, akan tetapi juga di dunia sosialita, bisnis, dan profesional.

Komitmen adalah sebuah harga yang harus dipenuhi saat sudah diputuskan, karena saat sebuah keputusan sudah diambil tentunya sudah dipertimbangkan dengan baik konsekuensi dan resiko nya. Oleh sebab itu, apa yang akan terjadi jika orang yang berkomitmen justru yang melanggar komitmen itu sendiri?

Banyak sudut pandang, defend statement, dan opini jika ingin membahas hal seperti ini. Semua kembali kepada ke-dewasa-an diri masing” dalam menilai batas ke-etis-an dari sebuah komitmen yang dilanggar.

Saya pribadi, sangat menghindari pelanggaran komitmen yang sudah saya buat dan putuskan. Jangan sampai terjadi. Jika diperibahasakan hal tersebut sama dengan menjilat ludah sendiri.

Komitmen seharusnya berpengaruh dan berkaitan dengan sebuah nama baik. Sebuah pelanggaran terhadap sebuah komitmen arti nya pengurangan sebuah kepercayaan yang diberikan. Kepercayaan berkurang bisa diartikan nama baik semakin menurun (rusak).

Sebuah nama baik jika sudah rusak, maka wibawa dan kawan” nya akan ikut terbawa.

Sebuah kepercayaan itu bukan sebuah permintaan, bukan juga sebuah tuntutan, akan tetapi sebuah pemberian.

Advertisements