Sebuah Pelajaran

Hidup… memberikan banyak pelajaran.

Kehidupan dimana saja selalu menyediakan pelajaran untuk membuat kita memilih, akankah lebih baik atau justru menjadi lebih buruk.

Baik dan buruk itu sangat relatif dan banyak sudut pandang. Satu hal yang pasti, tidak ada yang bertanggungjawab terhadap hidup kita maupun diri kita selain kita sendiri.

Kadang, memang terlalu banyak ketidak-adilan, fitnah, dan character killing yang mengarah ke diri kita. Akan tetapi, kita masih boleh memilih untuk bersyukur, mengapa? karena semua hal buruk tersebut mungkin bisa menjadi dorongan untuk kita agar bisa menjadi lebih baik, baik di tempat semula atau di tempat lain.

Yang saya lihat adalah, tidak peduli apapun yang kita lakukan, baik atau buruk, selalu ada sebuah opini yang akan memojokan kita. Tidak ada satu orang pun yang bisa membuat semua orang senang dan bisa menerima, bahkan seorang Buddha atau Jesus sekalipun, tetap ada yang menentang.

Dibandingkan, itu sudah hal wajar, bahkan… ada yang membandingkan sesuatu tanpa melihat dasar dan latar belakang saat melakukan perbandingan, sebuah hal yang sangat menyakitkan karena kita di judge secara premature. Ya… umur tua ternyata memang tidak menjamin kedewasaan seseorang dalam melihat letak masalah, maupun sudut pandang yang baik.

Itu terbukti.

Mungkin, memang sudah saat nya untuk melakukan apa yang seharusnya sudah dilakukan jauh hari sebelum hari ini. Penyesalan? tentu ada, selama masih manusia hal itu selalu ada. Akan tetapi mengubah penyesalan itu menjadi sebuah dorongan adalah hal yang sangat sulit dan sangat positif. Memang… semua selalu ada saatnya, ada saatnya kita memang harus mengakhiri sebuah diary, untuk menulis dalam diary baru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s