Tags

Iseng-iseng baca blog orang-orang yang baru lulus CCIE atau yang baru jadi double maupun triple. Setelah baca pengalaman mereka jadi ada keinginan untuk maju lagi untuk meneruskan ujian Voice yang sudah tertunda, sekaligus mengobati rasa penasaran.

Di satu sisi, saya juga menimbang berat ringan nya untuk mengejar keinginan menjadi Double CCIE saat ini sambil melihat saldo tabungan yang nyaris tidak bertambah sampai saat ini. Sedangkan sekarang sudah ada keluarga yang harus di pikirkan juga.

Memang, lulus dalam ujian CCIE dan menjadi seorang double CCIE memberikan kepuasan tersendiri, akan tetapi saya juga berusaha melihat kenyataan yang ada, sebagian besar tabungan sudah terpakai untuk ujian 3 kali tahun lalu di sidney, tentunya hal ini memberikan efek kepada keseimbangan neraca keuangan keluarga saya. Di sisi lain, apa yang saya kerjakan sekarang ini lebih kepada kombinasi skill technical, design, selling dan consultancy. Tidak benar-benar murni teknikal lagi, hal ini sedikit banyak tentu berpengaruh pada kecepatan dan ketepatan dalam persiapan dan ujian.

Ehmm… apapun langkah untuk ujian lagi yang akan diambil itu akan dipikirkan nanti saja. Yang pasti sekarang sedang berusaha untuk mengejar cita-cita lain yang jauh dari dunia teknikal, yang menurut saya lebih penting dan mendesak karena ada kaitannya dengan faktor umur (yang nambah terus tiap tahun), yang sebetulnya karena keinginan saya juga sih… untuk mencari tempat yang lebih bersahabat dan bisa mengejar nilai sebuah kehidupan yang lebih pantas, walaupun jujur… sangat sulit di wujudkan.

Menjadi double CCIE atau triple? itu tetap ada di dalam impian saya, hanya saja, mungkin tidak sekarang mewujudkan nya, karena menjadi double atau triple CCIE bisa kapan saja.

Sekarang saat nya istirahat, ini flu sudah mengganggu saya dari minggu kemaren, menyebalkan karena bikin mampet setiap mau tidur.

