Tags

Beberapa saat lagi akan masuk pergantian Tahun.

Waktunya saya secara personal mulai instropeksi diri, mengumpulkan seluruh pahit manis selama setahun yang akan lewat ini.

Membuat sebuah atau beberapa pembelajaran agar di tahun berikutnya bisa menjadi individu dan personal yang lebih baik lagi.

Ada beberapa yang membuat kecewa, ada juga yang membuat bahagia, ada yang lucu, ada juga yang mengesalkan.

Yang membuat kecewa, tentu saja 3 kali gagal ujian CCIE Voice, 3 kali persiapan yang luar biasa cape dan menguras tenaga. Akan tetapi, tetap memberikan arti walaupun hasilnya mengecewakan, setidaknya… kecewa yang datang bukan karena tidak mencoba.

Yang membuat bahagia, di urutan pertama tentu saja kelahiran putra pertama saya, sebuah anugerah yang tidak dapat digantikan oleh apapun. Di urutan kedua, tentu lunasnya cicilan biaya yang harus saya kembalikan ke kantor saya karena gagal ujian di CCIE Voice.

Ya… apapun itu, semua sudah berlalu, semua sudah menjadi sejarah, dan semua sudah bisa dibilang sebuah pengalaman. Apapun hasil nya, selalu ada nilai dibalik semua kejadian-kejadian itu, dan yang bisa saya lakukan (sebagai manusia fana dan serba kekurangan) hanya berusaha belajar instropeksi diri, berusaha mengurangi yang buruk, mempertahankan yang baik, dan menambah yang bernilai.

Selamat Natal 2012 dan Tahun Baru 2013, semoga apa yang sudah lewat bisa dijadikan bekal untuk mencari nilai-nilai baik lainnya di tahun yang akan datang.

