Tags

Cepat sekali waktu berlalu, masih teringat saat-saat 1 tahun yang lalu saat sedang getol-getol nya mempersiapkan ujian sertifikasi untuk track voice di level CCIE.

1 tahun yang lalu… saat dimana saya sedang mempersiapkan diri untuk perjalanan dinas ke San Jose, San Francisco, California, USA.

Sekarang… sudah 1 tahun berlalu.

Kadang saya bergidik sendiri mengingat-ingat begitu cepat nya waktu berlari meninggalkan kita. Terasa sangat singkat dan kurang untuk mengejar semua keinginan kita. Mungkin itulah yang menjadi dasar mengapa orang-orang bijak selalu berkata “jaga dan peliharalah yang ada di depan mu, setelah itu barulah sisihkan waktu mu untuk mengejar impian mu”

CCIE memang sangat menantang, sebuah ujian yang sangat menguras tenaga dan pikiran juga menekan mental. Akan tetapi… sejauh pengamatan saya, tetap kita tidak bisa bertahan cukup lama dengan mengandalkan CCIE saja. Mungkin di beberapa tempat yang ada di beberapa negara bisa, tapi tidak untuk disini. Untuk bisa bertahan di dunia kerja profesional, kita butuh lebih dari sekedar selembar kertas bertulis No CCIE kita. Kita butuh softskill, kita butuh kemampuan lain selain hanya teknis.

Sudah banyak saya melihat bagaimana orang-orang teknis pada akhir nya tersingkir terlebih dahulu baik karena perusahaan yang bersangkutan oleng, atau principal nya bangkrut (mengingat NORTEL), atau pun yang lainnya.

Oleh karena itu, kejarlah CCIE secepatnya, jangan menunggu sudah berumur, karena kita masih membutuhkan waktu yang lebih banyak dan lama untuk mengasah keahlian lain agar kita bisa tetap bertahan di pekerjaan profesional.

Atau, cepat-cepat lah mengumpulkan modal lalu banting setir menjadi pengusaha.

Atau, mungkin ada jalan lain.

Ya… apapun itu, kita hanya perlu belajar mengucapkan kata cukup dan bersyukur, agar hidup kita tidak hanya di isi dengan mengejar materi dan ambisi saja, tetapi juga di isi dengan hal-hal lain yang juga berarti.

Advertisements