Tags

Master atau Expert, dua kata yang sangat bias dan tidak ada ukuran yang jelas. Beberapa orang membuatnya menjadi mudah dalam memberikan sebuah justifikasi, beberapa membuat nya terlihat mentereng dan glamor dengan membanggakan berbagai pencapaian.

Saya sendiri tidak bisa… bukan.. bukan tidak bisa, akan tetapi tidak MAMPU memberikan deskripsi yang jelas apa yang disebut dengan expert itu dan apa definisi dari kata itu sendiri.

Selama ini, saya berusaha untuk mencari tau dengan berusaha mendalami, mempelajari, dan membuktikan. Akan tetapi… apakah semua itu cukup untuk menyandang sebuah pengakuan jika seseorang disebut expert?

Expert/ Ahli (dalam bahasa kita) mungkin bisa di sejajar kan definisi nya dengan kata Sukses. Sebuah kata yang memiliki definisi tidak bertepi, memiliki arti tanpa batas, dan penjelasan yang sangat luas serta sangat relatif.

Hanya satu yang pasti, saya selalu ingat apa yang dikatakan mendiang Papa saya, diatas gunung selalu masih ada gunung dan saat gunung tertinggi sudah tidak dapat ditandingi oleh gunung yang lain, maka gunung tersebut akan bertemu tandingan tanpa batas yang disebut langit.

Jadi… apa batasan seseorang disebut sudah expert? atau mungkin sudah sukses?

Tidak ada batasan dan tidak ada justifikasi yang baku dalam hal ini, itu mengapa kita semua berhak menentukan sendiri apa batasan sebuah keahlian ataupun kesuksesan untuk diri kita sendiri.

Dan… ada baik nya kita hanya membuat batasan untuk diri kita, bukan untuk menghakimi orang lain, agar kita bisa belajar mengucap syukur, dan memiliki semangat yang tinggi dan memiliki target-target tinggi (sesuai kemampuan kita) dalam mengejar cita2.

Mengapa kita tidak perlu membuat batasan sebuah keahlian atau kesuksesan untuk orang lain? Karena kedua kata tersebut sekali lagi memiliki sebuah batas yang tanpa batas dan sangat relatif. Lalu apa hak kita membuat batasan nya untuk pencapaian orang lain?

Seperti orang tua pernah ungkapkan kepada saya. “Perfection is not just about control, it is also about letting go.

Advertisements