Tags

Ya, itu istilah yang sering gue pakai untuk menggambarkan cara pandang seseorang yang hanya memiliki pandangan lurus kedepan saja, disini maksudnya bener-bener hanya lurus seperti kuda yang dipakaikan kacamata kuda.

Banyak yang berpendapat jika ingin menjadi seorang CCIE harus dimulai dari engineer dan banyak implementasi, apakah hal itu menjamin? Tidak!

Apakah orang-orang yang tidak berawal dari engineer dan melakukan banyak implementasi tidak memiliki kesempatan lulus yang sama dengan yang sering configure dll? Tidak juga.

Semua memiliki kesempatan lulus yang sama besar nya, bahkan seorang sales pun bisa jika mau. CCIE bukan sebuah sertifikat untuk orang-orang yang mampu configure dan menjadi engineer karena untuk menjadi CCIE seseorang harus melakukan 1 hal yaitu mengalahkan diri sendiri dan tidak semua orang mampu!

Itu kenapa gue selalu menyebut orang-orang tersebut berpandangan seperti menggunakan kacamata kuda. Mereka mengatakan apa yang mereka pikirkan bahkan sesuatu yang belum mereka lalui, benar-benar PREMATURE CONCLUSION habit.

Banyak orang tidak benar-benar menunjukan kemampuan nya bukan berarti orang tersebut tidak mampu atau tidak lebih mengerti, dan saat sudah mengerti sedikit bukan berarti harus menunjukan jika sudah mengerti seluruh nya.

CCIE jika hanya mampu melakukan configuration, troubleshooting, dan mengerjakan hal-hal engineering itu bukan CCIE yang sebenarnya, CCIE harus mampu melakukan kombinasi antara design, implementasi, dan menjual solusi.

CCIE harus memiliki kemampuan presentasi, persuasif, win the people, leadership, berbicara dengan baik dan menggunakan kalimat yang terstruktur dan banyak soft skill lainnya agar benar-benar bisa diposisikan di posisi consultant. Karena disitulah nilai dari seorang CCIE, jika hanya bisa configure dan tidak memiliki soft skill yang lainnya maka hanya akan menjadi ordinary CCIE dan memiliki kemampuan yang tidak ada bedanya dengan level CCNP.

Bahkan beberapa orang yang gue kenal walaupun hanya di level CCNP sudah memiliki kualitas seorang CCIE (not just configure and troubleshoot) yang akhir nya menjadi incaran banyak perusahaan untuk membantu memajukan perkembangan sebuah perusahaan.

Perusahaan tidak akan pernah mau membayar mahal seseorang yang hanya mampu melakukan configuration and troubleshooting, akan tetapi mereka akan memberikan harga yang setimpal pada orang-orang yang selain mampu configure dan troubleshooting juga mampu mendatangkan revenue, dan untuk bisa mencetak revenue membutuhkan banyak kombinasi soft skill dan hard skill yang harus di asah terus menerus.

That’s just my opinion.

R,

SWD

Advertisements