Be an another side

Beberapa hari ini gue mendengar 1 kabar gembira, salah satu sobat gue berhasil mendapatkan magic number dia, ya… dia berhasil lulus di ujian CCIE RS Lab.

Effort yang dibutuhkan untuk bisa menjadi CCIE tidak sedikit, tidak sedikit pula yang pada akhir nya menyerah di tengah jalan.

Gue suka motivasi sobat-sobat gue untuk menjadi CCIE, ya… karena gue sendiri seorang CCIE, dan gue tahu CCIE bisa menjadi salah satu jalan untuk mencapai impian-impian kita untuk keluarga dan menaikan taraf hidup. Ya… salah satu cara ya, bukan satu-satunya cara.

Gue tidak bilang CCIE itu bisa kaya, gue tidak bilang CCIE itu akan hidup berlebih. Tapi gue bisa bilang jika CCIE bisa hidup “layak” dan “cukup” (tanda kutip ya, karena sangat relatif)

Yang pasti, gue sendiri punya aim yang sudah gue set dari dulu, gue suka di technical, tapi tidak selama nya. Gue suka menempuh ujian-ujian yang sulit seperti CCIE, apalagi yang track Voice (6 kali lebih sulit dari track CCIE mana pun, menurut orang-orang ya, dan seperti nya ada benernya hehehe…) karena gue suka merasakan tension dan passion nya selama process menuju ujian, hal itu tidak akan pernah gue dapatkan di ujian mana pun untuk saat ini di seluruh dunia IT dan Networking.

Itulah sebabnya gue memasang beberapa target, di technical oke but not forever karena gue masih memiliki keluarga, jika gue selalu berapa di technical kebanyakan waktu gue akan habis di travelling dan migrasi system di tengah malam. Gue ingin kehidupan bisa balance (sejauh yang bisa gue lakukan dan raih) antara karir dan keluarga.

Mengapa? karena ikut terlibat dalam tumbuh berkembang seorang anak tidak akan bisa digantikan oleh apapun, oleh siapapun. Dan kebersamaan dengan keluarga adalah nilai tertinggi dalam hidup manusia setelah hubungan dengan Tuhan tentunya.

Sampai saat ini, baru 2 jalan yang terpikir oleh gue agar bisa mencapai apa yang gue inginkan. Yang pertama tentu gue harus pindah jalur ke managerial, yang kedua gue harus bisa menjadi seorang entrepreneur.

Semua kembali kepada pilihan, ada yang dikejar tentu akan ada yang dikorbankan, itu sudah hukum alam yang tidak bisa diubah. Oleh sebab itu, bijaksana dalam memilih target yang akan dikejar sangat menentukan langkah kita kedepan nya, dan akan sedikit banyak memberikan pengaruh pada hubungan kita dengan lingkungan sekitar dan keluarga.

R,

SWD

Leave a Reply

