Tags

Jika gue bekerja sebagai engineer atau segala sesuatu yang berhubungan dengan engineering di CISCO, gue tidak akan bangga jika gue mampu configure device dari berbagai segment dan type.

Kenapa? Karena gue dengan mudah bisa menghadapi devices tersebut dibandingkan gue kerja di luar CISCO, gue bisa berhadapan dengan devices tersebut baik di proyek2 maupun di Lab. Tentunya CISCO bisa lebih dengan mudah menyediakan devices tersebut untuk team engineer mereka (setidak nya mereka ga perlu beli, dan jika diharuskan beli pun tentu dengan harga khusus).

Coba bandingkan dengan bekerja di Partner atau luar CISCO, untuk invest Nexus saja butuh biaya tidak sedikit (walaupun dengan diskon NFR), atau router ASR yang kata nya keren, atau devices lainnya. Hal ini karena saat melakukan invest harus dipikirkan juga sisi marketing dan kemampuan sales utk mengejar ROI di pasar.

Seandainya mampu invest pun tidak akan selengkap dan sebanyak CISCO kan?

Oleh sebab itu, tidak perlu iri atau kagum dengan orang-orang yang mampu mengerti dan configure banyak devices CISCO jika dia bekerja di CISCO, karena dia memiliki akses ke semua document dan barang yang sebagian besar tidak bisa ditemukan diluar CISCO, jadi wajar kalau dia lebih cepat untuk mengerti dan mampu meningkatkan skill dengan cepat. Justru jika orang-orang yang bekerja di CISCO langsung tidak lebih baik dari yang diluar CISCO itu akan menjadi pertanyaan mengingat mereka bisa mengakses beberapa hal yang hanya bisa diakses oleh orang2 tertentu yang bekerja di CISCO.

Gue pribadi lebih appreciated dengan orang-orang yang tidak pernah bekerja di CISCO, tetapi memiliki kemampuan yang mendekati, atau setara, atau bahkan lebih dari orang2 yang bekerja atau pernah bekerja di CISCO.

Buat gue, apapun yang menjadi pencapaian orang lain hanya akan menjadi bahan motivasi saja agar gue bisa lebih baik, dan tentunya gue tidak terkesan dengan orang-orang yang terlalu membanggakan dirinya tetapi tidak berkaca pada fasilitas yang dia miliki.

Kalau orang dulu bilang “mau bangga sebagai komandan, bandingkan pencapaian dengan komandan lain, jangan dengan prajurit”

Jadi tidak perlu sombong dan membandingkan diri dengan orang yang tidak berada di satu kolam, karena hal itu tidak terhormat dan tidak mengesankan.

Itu kalau gue ya…

