Tags

Banyak orang selalu membandingkan sebuah pencapaian dengan apa yang berhasil dicapai oleh orang lain. Buat apa?

Setiap manusia diciptakan unik oleh Tuhan, itu juga kenapa setiap pencapaian tidak pernah ada yang benar-benar sama.

Setiap pencapaian-pencapaian luar biasa yang telah diperoleh orang lain jadikan pemacu semangat, jangan dijadikan sebagai tolok ukur atau target, mengapa? karena kita semua berbeda, kita semua dilahirkan dengan kemampuan masing-masing, tidak ada dua orang manusia di atas Bumi yang memiliki kemampuan yang identik, tidak ada, lalu kenapa kita harus membandingkan keberhasilan kita dengan yang lainnya?

Begitu juga bagi yang telah mencapai sesuatu yang mungkin bisa dikategorikan “wah”, tidak perlu silau dengan pencapaian yang sudah didapat, apa yang telah diperoleh silahkan dibagikan dengan yang lain sebagai motivasi, sekali lagi sebagai motivasi bukan patokan.

Kita semua memiliki kemampuan kita masing-masing, yang jika sama-sama didorong sampai maksimal akan menghasilkan pencapaian berbeda-beda yang beragam dan saling melengkapi. Disitulah indah nya ciptaan Tuhan yang maha besar.

Dan oleh sebab itu pula mengapa kita harus belajar saling menghargai dan menghormati batas masing-masing, tanpa merendahkan atau mengecilkan hal lain hanya karena kita berhasil mencapai sesuatu atau melihat sesuatu yang bisa dicapai tanpa hal yang kita kecilkan tersebut.

Bagi kita mungkin hal yang di kecilkan itu tidak dibutuhkan saat kita berhasil mencapai sesuatu, tapi belum tentu tidak dibutuhkan bagi orang lain.

Bersyukurlah jika kita telah berhasil atau lebih berhasil, dan bagikan pengalaman tersebut untuk memotivasi tanpa mengecilkan hal lainnya. Karena semua hal ada dan terjadi untuk sebuah alasan, dan itulah hidup.

Advertisements