Pengalaman yang bisa dibagikan

Gue akan coba merangkum semua perjalanan gue selama persiapan dimulai sampai ujian ketiga ini, ya… memang hasil nya gagal, tapi semua hasil yang gue peroleh dan semua pengalaman yang gue dapatkan tetap layak diperhitungkan dan dibagikan dengan yang lain.

Sesaat gue mulai mengingat-ingat dan mencoba merangkum semua hal yang sudah gue lakukan selama persiapan untuk ujian CCIE Voice Lab ini.

CCIE Voice adalah track yang paling berbeda dengan track yang lain, kita tidak bisa melakukan testing configuration hanya dengan menggunakan “ping“, “debug” atau “show“. Khusus untuk track voice kita membutuhkan human touch, kita harus dial, kita harus mendengarkan apakah kita mendapatkan greeting dan announcement yang benar atau tidak, dan kita harus melihat apakah cara kita dial ke PSTN/SP number sudah benar baik untuk local, national, international, maupun TEHO. Dan itu artinya sekedar menggunakan remote Lab tidak akan se-efective kita persiapan track lain, karena kita harus bisa dial atau human touch. 

Ada beberapa cara, kita bisa beli telephone set, atau kita bisa menggunakan software yang bernama PhoneView. Kebetulan selama gue persiapan, gue menggunakan software PhoneView + Remote Lab. Gue tidak bilang ini tidak efektif karena gue gagal sampai 3 kali, karena kita berhasil atau gagal dalam ujian CCIE tidak semata-mata karena barang apa yang kita miliki selama persiapan, akan tetapi lebih kepada diri kita sendiri saat persiapan, maju ujian, dan saat gagal.

Saat gue gagal di ujian pertama dan kedua, gue mulai sadar jika time management dalam track voice ini lebih membunuh daripada track yang lainnya, kenapa? karena dalam ujian track voice ini, kita harus akses web, klik feature, configure IOS, kombinasi antara configure IOS dengan WEB access, dll. Hal ini sangat menyita waktu, sangat menyita… karena kadang kita harus kehilangan sekian detik/ menit untuk sekadar menunggu web loading dll. Itulah kenapa time management adalah salah satu point yang paling membunuh selain menguasai materi yang di uji.

Selain time management, hubungan antara satu materi dengan materi yang lainnya juga sangat membunuh, untuk track voice ini kita bisa menghancurkan nilai satu section karena kesalahan di section yang lain, kita bisa kehilangan point di transcoding section jika kita tidak berhasil menyelesaikan Unity Connection dan Unity Express section. Begitu juga kita bisa kehilangan B-ACD section jika kita tidak selesai di Multicast MOH section, dan yang paling mematikan adalah kita bisa gagal di Call Routing section jika tidak sempurna dalam menyelesaikan SRST/ High Availability section.

Dari semua hal yang gue coba analisa, hal non-teknis juga memegang peran yang sangat penting. Bagaimana kita harus siap secara emosional dan psikis juga sangat menunjang kesiapan kita ujian dan besarnya prosentase kelulusan kita.

Yang paling penting dari semua nya adalah kemampuan kita untuk menerima kegagalan dan dewasa. Selama persiapan ini gue selalu menganalisa kelemahan dan kekuatan gue, apa yang harus gue lakukan untuk minimalisasi kelemahan gue dan apa yang harus gue lakukan untuk membuat waktu yang sempit menjadi cukup.

Ujian CCIE Lab, baik lulus atau tidak, tetap memberikan sebuah nilai kepada kita. Mungkin ada beberapa nilai yang tidak bisa kita dapatkan jika kita tidak melalui semua persiapan dan ujian ini. Dan nilai-nilai tersebut tetap berguna untuk kehidupan dan karir kita kedepan, begitu juga untuk keluarga kita.

Sekarang gue sedang menabung lagi, gue tidak janji akan maju lagi untuk yang ke 4, akan tetapi gue tetap mempersiapkan nya.

Seandainya gue tidak maju lagi yang ke 4, gue tetap tidak menyesal sudah mengeluarkan uang dan tenaga sebanyak ini untuk 3 kali ujian walaupun hasilnya gagal, karena buat gue semua ada nilai nya, tidak selalu keberhasilan yang mampu memberikan nilai dalam kehidupan kita, akan tetapi kegagalan pun tetap bisa memberikan nilai yang luar biasa selama kita mampu melihat nya dari sisi yang benar.

Untuk para kandidat yang sedang mempersiapkan ujian CCIE Lab untuk track apa saja, I am not telling you it’s going to be easy, I am telling you it’s going to be worth it :), apapun hasilnya !

Selamat berjuang…

Leave a Reply

