Tags

Setelah melewati 1 kali persiapan dan ujian di track Routing & Switching, ditambah dengan 2 kali persiapan, 2 kali ujian di track Voice, begitu juga persiapan saat ujian ketiga ini, membuat gue merasakan tekanan yang “khas” dari persiapan-persiapan dan ujian-ujian yang sudah gue lewati.

Memang persiapan CCIE itu unik, tidak dapat dibandingkan dengan persiapan macam apapun karenaa membutuhkan tekad yang sangat kuat dan tidak menyerah.

Beberapa orang menyalahkan waktu karena gagal, kurang nya waktu untuk persiapan dan ujian dsb. Hal ini tidak akan menolong seseorang menjadi seorang CCIE.

Beberapa orang menyalahkan tempat ujian dan proctor, hal ini juga tidak akan membuat seseorang menjadi CCIE walaupun dia melakukan ujian di tempat yang “dianggap” cocok untuk nya.

Beberapa orang menyalahkan hal-hal lain, hal ini juga tidak akan pernah membuat seseorang menjadi CCIE.

CCIE bukan sebuah pencapaian untuk orang-orang yang banyak alasan, cengeng, cepat menyerah, dan terlebih “hobby” melemparkan ketidak lulusannya kepada kesalahan-kesalahan yang lain.

Gue melewati persiapan untuk ujian ketiga ini dengan beberapa tekanan yang diluar dugaan, dari rekan yang berusaha membuat gue menjadi “kambing hitam”, memposisikan gue di posisi yang dikorbankan agar dia bisa mencapai keuntungan, dan juga dengan adanya tugas tambahan dari gue untuk membantu istri gue menjaga anak gue (yang baru lahir) yang hampir 1 jam bangun dan menangis hahaha…

Diluar semua itu, gue bersyukur, gue bersyukur adanya kehadiran anak gue yang bisa membantu memompa semangat gue, gue bersyukur karena masih dipercaya oleh perusahaan sehingga diberi jalan untuk CCIE kedua gue ini.

Lalu bagaimana mengenai rekan yang ingin menjatuhkan gue atau mengambil keuntungan dari gue? Terserah dia saja :)… yang pasti orang-orang dengan mindset dan attitude seperti itu tidak akan pernah menjadi seorang CCIE sampai kapan pun juga.

CCIE isn’t a given, isn’t because of luck, isn’t about how tricky you are. It’s need a lot of sacrifice, hard work, struggle mindset, never give up, high dream, and maturity.

 

