Berpikir di luar kotak.

Hal yang selalu menjadi batu sandungan bagi setiap teknikal “Guy” adalah saat dituntut untuk mengubah cara berpikir ke arah managerial. Sebuah keadaan yang sangat umum dan sering terjadi, hal inilah yang kemudian menjadi alasan kenapa seseorang yang sudah bergelut di area teknikal sangat sulit untuk mengubah cara berpikirnya ke arah yang lebih datar dan luas.

Manusia “menurut saya” secara umum terbagi menjadi 2 bagian besar. Yang pertama adalah yang memiliki cara berpikir yang sempit akan tetapi dalam, biasa ditemukan pada praktisi-praktisi seperti engineer, dokter, teknisi dll.  Yang kedua yang memiliki cara berpikir luas dan datar, biasa ditemukan pada pemikir-pemikir seperti direktur, manager, leader, konsultan dll.

Lalu, bagaimana caranya untuk bisa men-transformasi diri kita ke area yang satu nya?

Untuk bisa pindah/ ber-transformasi ke area satu nya, tentu yang pertama kita butuhkan adalah sebuah kesempatan, jika kita sudah memiliki kesempatan tersebut. Hal kedua yang kita butuhkan adalah seorang mentor, atau mungkin seorang panutan sehingga kita bisa belajar dari diri nya.

Setelah kedua hal tersebut sudah kita dapatkan, maka kita membutuhkan kesalahan-kesalahan dan intropeksi diri yang dalam agar kita bisa belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut.

Terakhir dan paling penting adalah kemauan, karena semua itu tidak akan ada gunanya jika tidak ada kemauan dari diri kita sendiri untuk maju, berubah, dan dewasa.

 

Salam,

SWD

Advertisements