Pantas?

Beberapa hari ini ada beberapa orang yang nanya ke gue tentang sebuah kepantasan. Kepantasan untuk maju CCIE, apa ukuran sebuah kepantasan untuk maju CCIE?

Buat gue, tidak perlu panjang lebar untuk menjawab sebuah kepantasan untuk maju CCIE.

Maju ujian CCIE tidak terbatas hanya pada orang-orang pintar saja, tidak terbatas pada orang-orang yang IPK nya tinggi saja, tidak terbatas pada orang-orang yang kuliah di universitas terkenal saja, tidak terbatas di orang-orang yang dikatakan “the chosen one”, dan tentu saja tidak terbatas pada orang-orang yang memiliki banyak pengalaman saja.

Buat gue, semua orang memiliki hak yang sama untuk maju CCIE, yang paling utama dari persiapan maju CCIE adalah niat yang kuat, tekad baja, tidak mudah menyerah, mau belajar, tidak takut cape, dan DOA.

Untuk orang-orang yang memiliki kepercayaan diri terlalu tinggi, menganggap enteng, meremehkan, dan maju ujian tidak dengan tujuan mendapatkan nomor CCIE, mereka tidak akan pernah bisa meraih CCIE.

CCIE memang salah satu ujian yang sulit, akan tetapi banyak orang sudah membuktikan jika CCIE bisa diraih dengan niat yang kuat dan tekad baja.

Salam,

SWD

Advertisements