Tags

,

Setelah gue baca sana dan sini, tanya di forum-forum, tanya temen-temen yang baik hati mau menjelaskan, gue berakhir pada 1 kesimpulan.

Ya, kesimpulan yang akhir nya gue jadikan sebagai dasar gue melangkah, dari semua yang harus gue lakukan ada 2 hal yang harus selesai terlebih dahulu, hal itu yaitu assessment ke organisasi yang berkepentingan, dan yang kedua lulus IELTS di atas 7.

Ternyata memang migrasi ke Australia itu tidak mudah, karena gue ga ada duit lebih buat bayar agen, maka gue belajar untuk mengerti apa saja yang harus gue lakukan untuk bisa mendapatkan PR dari negara Australia.

Gue membagi rencana gue menjadi beberapa step, dimana step pertama adalah mencari sworn translator untuk menerjamahkan document-document gue agar bisa dijadikan lampiran saat mengajukan aplikasi PR, dan mencari notaris untuk melegalisir fotocopy dari document asli (bahasa indonesia) gue saat akan di lampirkan bersama document hasil terjemah (harus asli).

Step kedua tentu maju assessment, dimana organisasi yang ditunjuk untuk melakukan assessment terhadap skill gue bisa ditemukan di web http://www.immi.gov.au. Untuk assessment ini mengikuti skill yang akan kita tunjukan ke pemerintah sana agar kita dianggap layak mendapatkan PR dan boleh migrasi kesana. Misalnya gue, gue karena skill nya memiliki latar belakang IT maka gue assessment ke ACS (Australia Computer Society), untuk yang latar belakang nya arsitek bisa ke Organisasi arsitek disana, atau akunting ke organisasi akunting disana, dst. Dan untuk mengajukan assessment gue juga harus meminta surat rekomendasi dari atasan gue atau direktur tempat gue bekerja.

Step ketiga gue harus lulus IELTS diatas 7, disini gue mulai mencari kursus IELTS dan tempat ujiannya, dan tentunya dana yang mendukung.

Step keempat, menyiapkan surat keterangan kerja yang menyatakan gue kerja full time dengan posisi permanent dan sudah bekerja diatas 3 tahun untuk 1 keahlian yang sama.

Step kelima, menyiapkan dan check list ulang semua document yang diminta sebagai lampiran dan mulai mengajukan aplikasi untuk PR, dan tentunya dengan dukungan dana juga.

Step keenam, gue siap-siap untuk meminta surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian dan chek kesehatan saat diminta oleh imigrasi Australia. Dan saat PR gue diterima, gue juga harus menghadiri sesi interview.

Sekarang gue baru memulai step yang pertama, gue tetap berharap agar langkah gue selanjutnya di permudah dan pengajuan PR gue di setujui.

 

Regards

SWD

