Tags

Banyak orang yang tanya ke gue, menjadi CCIE itu susah ya? bagaimana cara nya agar bisa menjadi CCIE? dll.

Dari pertanyaan itu gue jadi tau, banyak orang menganggap CCIE itu sesuatu yang wah di dunia networking, akan tetapi mereka melupakan satu hal, jika di dunia Networking itu bukan hanya diukur dari sertifikat apa yang lu punya, tapi juga pengalaman apa yang sudah lu dapatkan.

Menjadi CCIE dengan first attempt memang bagus, akan tetapi menjadi CCIE bukan diukur dari berapa kali lu bisa lulus ujian untuk mendapatkan CCIE, tentunya dengan lulus first attempt lu bisa mendapatkan reward lebih karena lu tidak perlu menghabiskan banyak dana untuk ujian (jika ada yang sadar akan hal itu), dan dari segi pemahaman lu juga bisa dianggap lebih baik karena bisa lulus sekali ujian.

Akan tetapi seperti yang gue bilang, CCIE bukan diukur dari berapa kali lu ujian untuk lulus, tetapi dari apa pengalaman yang sudah lu miliki. Seorang CCIE yang tidak memiliki pengalaman tidak ada gunanya, dan sudah tentu tidak ada nilai jual nya. Pengalaman pengalaman CCIE tidak banyak bisa didapatkan sebelum menjadi CCIE, karena pada umumnya seorang CCIE akan diminta mengerjakan tugas tugas yang memang harus dikerjakan seorang CCIE, dan tugas yang diberikan tidak hanya berhubungan dengan teknikal saja.

Seorang CCIE selain kuat di teknikal dan teori networking, dia juga harus mampu berhadapan dan berbicara dengan customer, harus mampu menerjemahkan apa yang dijelaskan secara teknikal ke bahasa awam agar customer mengerti, dan dia juga di tuntut untuk bisa mengerti apa keinginan customer dan menerjemahkan nya ke bahasa teknikal agar team dia bisa mengerjakan apa yang di inginkan oleh customer.

Seorang CCIE juga di tuntut agar bisa membuat sebuah prosedur teknikal berdasarkan teori teori teknikal dan pengalaman di lapangan, untuk memberikan sebuah prosedur yang bagus ke customer, dan harus bisa dipertanggungjawabkan.

Untuk bisa mendapatkan pengalaman seperti itu, dimana kita tidak hanya mendapatkan pengalaman teknikal saja, akan tetapi juga mendapatkan pengalaman organisator, leader, sosialisasi saat berhadapan dengan customer, kemampuan menerjemahkan dan lain sebagainya, tentu dengan menjadi CCIE lebih mudah, karena dengan menjadi CCIE tanggungjawab seperti itu akan lebih mudah di delegasi ke kita.

Jadi, jangan berpikir jika menjadi CCIE artinya selesai atau finish, karena menjadi CCIE berarti mendapatkan tiket baru untuk masuk ke dunia networking yang lebih luas, mendapatkan pengalaman yang hanya bisa didapatkan oleh CCIE, dan tentunya mendapatkan hidup yang lebih baik dari segi ekonomi.

CCIE is not the ending, it’s the beginning, dan CCIE tidak diukur dari berapa kali dia harus ujian sampai lulus, tapi dari berapa banyak pengalaman yang sudah dia dapatkan.

regards

swd

Advertisements