What is CCIE?

Bulan ini adalah bulan ke 6 gue menjadi seorang CCIE. Dari apa yang sudah gue lakukan, gue ingin sharing beberapa hal tentang apa itu CCIE.

CCIE oleh kebanyakan orang dianggap sebagai tiket untuk bisa berkerja dengan gaji besar, kerja enak, ga kerja yang kasar kasar lagi dan lain sebagai nya.

Untuk gaji besar gue rasa tidak, tapi kalau untuk gaji yang lebih baik, iya. Kalau untuk masalah kerjaan, gue memandang dari beberapa sisi, CCIE memang dianggap sebagai sertifikat tertinggi di dunia networking, akan tetapi apakah seorang CCIE pantang untuk kerja kasar? jawaban nya tidak.

Contoh gampang, gue kemaren baru ikut narik kabel FO lewat plafon di customer gue, disitu gue liat, bukan narik kabel nya yang gue tekanin, tapi teamwork nya yang gue tekanin, karena apa, untuk bisa menarik kabel FO melalui plafon yang sudah penuh dengan tikus dll, kita membutuhkan sebuah teamwork yang bagus agar kabel FO kita ga putus atau tergencet atau ga berfungsi karena salah tarik.

Menjadi seorang CCIE berarti menjadi orang yang lebih ngerti dan tentunya mendapatkan beban ekspetasi dari orang lain yang tidak kecil. Dan menjadi CCIE tanpa bisa teamwork tidak akan berhasil menjadi seorang CCIE yang bisa berkecimpung di dunia network, karena jika kita bekerja di dunia network, kita butuh sebuah team yang solid dan kompak agar pekerjaan cepat selesai.

Dengan ikut menarik kabel (salah satu contoh), walaupun hal itu bisa di kategorikan kerja kasar, gue bisa sekalian mendapatkan pelajaran lain selain kerja kasar nya, contohnya teamwork.  Sebenarnya menurut gue menjadi CCIE atau tidak, siapapun kita, saat kita memutuskan untuk berkarir di dunia networking, kita tidak boleh takut dengan yang namanya “kerja kasar” itu sendiri, karena kita tidak akan lepas dari kerja seperti itu.

Untuk kerja enak, gue rasa hal ini sangat relatif karena untuk bisa kerja enak sebenarnya menurut gue kita harus menikmati kerja itu sendiri, karena kita tidak akan bisa kerja enak jika kita sendiri sudah tidak nyaman dengan pekerjaan kita.

Sekali lagi gue ingin ingetin untuk teman teman yang akan maju sampai mendapatkan CCIE. CCIE is not the ending, it’s the beginning, dan menjadi CCIE tanpa pengalaman itu tidak ada gunanya, dan salah satu cara untuk bisa mendapatkan pengalaman yang matang, tentunya tidak boleh takut dengan yang namanya “kerja kasar”

regards

swd

