Saat saat pengerjaan Proyek

Ya, gue akan sedikit cerita saat saat gue mengerjakan proyek pertama gue.

Saat mengerjakan proyek ini, gue awal nya tidak memprediksikan jika akan terjadi beberapa problem yang ada di luar network configuration, problem seperti user mendapatkan koneksi tetapi tidak mendapatkan IP dari DHCP, CRC problem, kabel UTP yang di split, sampai FO yang harus di flashing.

Problem semacam itu benar2 missed dari antipasi gue sebagai teknikal leader, dan lebih parah nya, gue justru mengetahui problem2 ini dari customer duluan, mengapa bisa? karena kita split 2 team, kita split 2 team karena ada 2 core network yang harus gue migrasi, yaitu yang di balikpapan dan di jakarta.

Gue sendiri pegang yang di jakarta, sedangkan di balikpapan ada PIC sendiri sebagai perpanjangan tangan gue ke customer, akan tetapi gue tidak mendapatkan report apa2 dari PIC gue hehehe…

Anyway the show must go on, semua masalah koordinasi seperti itu yang seharusnya tidak terjadi tapi justru terjadi gue kesampingkan, customer gue mulai teriak sampai akhir nya mereka minta justifikasi dari team gue kalau di core network tidak terjadi looping sehingga menyebabkan beberapa aplikasi mengalami kelambatan saat di akses.

Gue sebagai teknikal leader hanya bisa berusaha agar customer bisa adem lagi, dengan informasi yang seadanya dan sudah tidak valid (karena gue tidak mengikuti progress perkembangan problem dari awal) gue berusaha untuk menjelaskan jika di network tidak ada masalah.

Dari proyek ini gue melihat jika untuk bisa bekerja dalam teamwork itu tidak gampang, karena kita harus benar2 mengerti apa itu yang dinamakan teamwork bukan one man power, dan hal itu yang tidak ada di team yang gue pimpin ini.

Gue sekarang cuma bisa berusaha untuk sabar dan membuat customer tidak semakin marah karena problem2 yang muncul setelah migrasi walaupun semua itu tidak ada hubungan nya dengan network yang di migrasi ini.

regards

SWD

