Tags

Sebenernya gue dah cape banget, baru pulang dari customer karena harus migrasi beberapa network mereka, tapi ga tau kenapa gue ga bisa tidur, jadi gue iseng aja nulis nulis di blog gue yang hampir ga ada waktu buat di sentuh ini.

Begitu gue lulus, jabatan gue langsung berubah yang tadi nya engineer menjadi network consultant and technical leader.

Perubahan ini ada enak nya ada ga enak nya, enak nya ya secara salary pasti berubah, ga enak nya kerjaan gue tambah banyak, proyek pertama gue adalah migrasi seluruh network salah satu oil company di Indonesia ke device baru.

Di proyek ini posisi gue di technical leader dan implemented designer, dimana di posisi gue ini gue dituntut untuk bisa membuat sebuah skenario atau blue print migrasi yang harus di presentasi kan ke customer dan harus di tanda tangan oleh customer sekaligus memimpin proses migrasi nya dengan expetasi tanpa downtime (walaupun sebenar nya mustahil, but customer is the king and we must obey them for anything reasonable expect).

Untuk blue print nya gue menghabiskan waktu sekitar 3 minggu untuk menyusun step by step per node migration sampe tuh document setebal 400 halaman lebih saat di print untuk di tandatangan kedua belah pihak, pegel? iya banget, puas? mendekati, kenapa mendekati? karena blueprint yang gue buat ternyata mengalami koreksi beberapa kali karena dari sisi customer belum siap secara infrastruktur.

Gue maju ke proyek ini dengan sebuah team yang sebagian besar notabene zero experience di CISCO teknologi, akan tetapi gue menjadi merasa beruntung karena satu hal yang gue ga temukan di team lain, team gue ini berisi engineer yang punya kemauan keras untuk maju dan tahan banting (maklum kerja nya 99% malam mpe pagi).

Ada 2 Network utama yang harus gue migrasi terlebih dahulu, pertama di Balikpapan, kedua di Jakarta, setelah kedua network ini gue migrasi gue harus migrasi semua network di site mereka termasuk di offshore.

Proyek yang penuh tantangan (karena ada pergeseran range ip yang kemudian memberi efek pada pergeseran gateway) dan sangat memusingkan ini masih dalam tahap pengerjaan sampai hari ini, akan tetapi untuk kedua main core sudah berhasil di migrasi, so gue tinggal mengerjakan yang di site yang jujur saja dari configurasi dan migrasi nya tidak seberat di main core network mereka.

Dari proyek ini gue mendapatkan banyak hal, dari kerja dengan team yang tidak pernah berhenti ketawa (karena mereka kerja dengan fun walaupun puasa), gue juga dapat experience migrasi salah satu oil company yang masuk the big five di Indonesia.

Dan sekarang gue harus tidur, karena besok dan beberapa hari kedepan gue harus handle migrasi yang pastinya di kerjakan malem hari.

rgds

swd

